Sekda Kabupaten Sukabumi Lepas Calon Jemaah Haji 2024 Kloter 14 Sebanyak 432 Orang

Sukabumi, JURNAL TIPIKOR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman melepas ratusan calon jemaah Haji (Calhaj) Kloter 14 yang berlokasi di Pusat Pengembangan Dakwah Islam (Pusbangdai) Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Jum’at malam (1705/20024).

Berdasarkan data yang dihimpun, Calhaj yang berangkat dari kloter 14 Kabupaten Sukabumi berjumlah 432 orang. terdiri dari 197 laki-laki dan 235 perempuan. Keberangkatan Calhaj Kloter 14 didampingi petugas haji yang berjumlah delapan orang.

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengatakan, keberangkatan haji merupakan momen yang ditunggu-tunggu semua orang. Maka dari itu, para Calhaj yang berangkat kali ini harus bersyukur. Sebab, menjadi orang-orang terpilih untuk beribadah ke tanah suci.

“Bapak/ibu merupakan orang-orang terpilih untuk melaksanakan ibadah Haji. Sedari sekarang, mari luruskan niat untuk melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji sebaik-baiknya,”ujarnya.

Baca juga Kadisdik Jabar Mendadak Dicopot Saat PPDB Jawa Barat Baru Dimulai.

Tak hanya itu saja, Sekda pun berpesan kepada para Calhaj untuk menjadi duta yang baik. Cukup dengan saling menghormati serta tampil sebagai sosok yang santun.

“Selama di tanah suci, perkuat persaudaraan, perkokoh persatuan, dan kebersamaan,”ucapnya.

Hal yang tak boleh dilupakan, ialah kesehatan. Apalagi, cuaca di tanah suci relatif panas.

“Tolong jaga kesehatan agar bisa melaksanakan semua rangkaian ibadah haji,”ungkapnya.

Baca juga DPP LSM BPKP Datangi Kejagung RI Pertanyakan Lapdu yang sudah di Layangkan

Melalui perjalan haji, Sekda berharap semuanya pulang dengan menyandang gelar haji mabrur. Selain itu, bisa menjadi motor penggerak ketika pulang ke tanah suci.

“Jadilah motor penggerak pembangunan dalam mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang lebih baik,”bebernya.

Sementara itu, Ketua PPIHD Kabupaten Sukabumi H. Abdul Manan mengatakan, kloter 14 asal Kabupaten Sukabumi tahun 2024 didominasi perempuan. Hal itu dengan rentan usia 19-87 tahun.

“Paling muda ada perempuan berusia 19 tahun asal Kecamatan Sukabumi. Sementara tertua berusia 87 tahun,” terangnya.

Baca juga Kapolri Beri Penghargaan Casis Bintara Jari Putus Dibegal Masuk Bintara Polri

Dalam kesempatan tersebut, dirinya pun menghimbau kepada para Calhaj untuk mendahulukan ibadah haji. Hal itu demi menjaga kesehatan selama perjalanan haji.

“Dahulukan yang wajib jangan mendahulukan ibadah sunah kalau akan mengganggu kondisi kesehatan,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, dalam kloter 14 Kabupaten Sukabumi ini terdapat sejumlah pejabat daerah diantaranya Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi dan beberapa pejabat lainnya.(Rama)

3 thoughts on “Sekda Kabupaten Sukabumi Lepas Calon Jemaah Haji 2024 Kloter 14 Sebanyak 432 Orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *