Inilah Manfaat yang Terkandung dalam Buah Lontar

JURNAL TIPIKOR–Buah lontar atau yang dikenal juga dengan nama buah ‘siwalan’ memiliki kemiripan dengan kolang-kaling, hanya saja ukurannya sedikit lebih besar. Buah ini memiliki tekstur lunak, bening, dan tinggi kandungan air.

Selain rasanya yang enak, ternyata ada banyak manfaat buah lontar yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Sebab, buah lontar memiliki kandungan yang baik, seperti air, vitamin, dan kalsium.

Untuk mengetahuinya secara lebih detail, simak penjelasan mengenai 10 manfaat buat lontar untuk kesehatan, lengkap dengan kandungannya berikut ini.

Ini pesan Walikota Pagar Alam untuk 58 Bidan Desa yang dirumahkan

Kandungan dalam Buah Lontar

Mengutip buku ‘Manfaat Buah-buahan’ (2018) oleh Dayat Suryana, buah lontar kaya akan zat gizi yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Berikut adalah beberapa kandungan yang ada dalam buah lontar:

  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Mineral seng
  • Kalium
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Zat gula
  • Kalsium
  • Serat
  • Protein
  • Karbohidrat

Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan

Buah lontar, atau yang dalam bahasa latin disebut dengan Borassus flabellifer ini, merupakan buah yang termasuk dalam golongan palma. Karena kandungannya yang kaya zat gizi, buah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut adalah penjelasan mengenai 10 manfaat buah lontar untuk kesehatan tubuh.

KPK Batal Panggil Mentan Syahrul Yasin Limpo Terkait Dugaan Korupsi di Kementan

1. Memenuhi Isotonik Tubuh

Dilansir dari buku Manfaat Buah-buahan oleh Dayat Suryana, manusia membutuhkan setidaknya 2 liter cairan agar tubuh tidak dehidrasi.

Kandungan mineral pada buah lontar yang tinggi mirip dengan cairan tubuh. Sehingga, buah lontar bermanfaat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang dan memenuhi isotonik tubuh.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Untuk memiliki sistem pencernaan yang baik dan lancar, kita perlu mengonsumsi makanan berserat dan cairan yang cukup.

Kandungan buah lontar yang mirip dengan isotonik dan fosfor membuat lontar sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, kandungan vitamin B1 dalam buah tersebut, juga berperan dalam pengeluaran asam hidrokolat yang penting dalam proses mencerna makanan.

3. Sebagai Antioksidan

Antioksidan merupakan zat atau senyawa yang dapat mencegah atau memperlambat oksidasi di dalam tubuh. Vitamin C yang terkandung dalam buah lontar sangat bermanfaat sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas berbahaya di tubuh kita.

Kapolres Tasikmalaya Kota Silaturahmi ke Kantor Bawaslu Sinergi Hadapi Pemilu 2024

4. Sebagai Antibiotik

Buah lontar dikenal bermanfaat sebagai antibiotik alami. Berdasarkan beberapa penelitian, buah lontar segar mengandung enzim yang berperan dalam menghambat pertumbuhan mikroorganisme jahat seperti virus dan bakteri.

Selain itu, buah ini juga bermanfaat dalam memaksimalkan kinerja probiotik atau bakteri baik untuk melawan bakteri jahat yang mengancam kesehatan tubuh.

5. Meremajakan Kulit

Buah lontar juga bermanfaat untuk menyehatkan dan meremajakan kulit. Sebab, dalam 100 gram buah lontar, terdapat kandungan 90 persen air yang baik untuk menjaga kulit tetap lembab dan tidak kering.

Selain itu, buah lontar juga mengandung vitamin B1 yang berperan dalam menjaga sel tubuh kita dari penuaan dini.

Jam-Pidsus Kejagung Periksa 3 orang Saksi Terkait Dugaan Korupsi di PT Waskita Karya

6. Sebagai Sumber Energi

Kandungan gula di dalam buah lontar berperan sebagai sumber energi yang baik untuk tubuh kita. Sebab, gula merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber ‘bahan bakar’ untuk menjalankan fungsi tubuh kita dengan baik.

7. Bermanfaat untuk Ibu Hamil

Buah lontar memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah ini mengandung vitamin C yang bermanfaat dalam menjaga sistem imunitas dan meredakan stres sehingga cocok untuk ibu hamil dan janin.

8. Baik untuk Kesehatan Hati dan Ginjal

Dilansir dari laman resmi RSUD Sawahlunto, buah lontar yang tinggi kadar air sangat efektif untuk merawat fungsi hati dan ginjal.

Sebab, kandungan mineral fosfor dalam buah lontar berperan penting dalam mengoptimalkan proses pembuangan (ekskresi) dua organ tersebut, yakni dalam mengeluarkan limbah dan racun dari hasil makanan yang kita konsumsi.

9. Mengobati Penyakit Diabetes

Mengkonsumsi buah lontar sangat bermanfaat bagi kamu yang menderita penyakit gula darah atau diabetes. Pasalnya, buah lontar memiliki indeks glikemik rendah sehingga baik untuk mengendalikan gula darah.

10. Meningkatkan Kesuburan

Bagi kaum pria yang ingin segera memiliki momongan, mengkonsumsi buah lontar sangat disarankan. Sebab, buah lontar sangat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma.

Tips Memilih Buah Lontar

Buah lontar merupakan jenis buah yang sering ditemui di daerah tropis dengan tekstur yang berair. Buah yang biasa ditemukan di wilayah Jawa, Bali, Sulawesi, dan Nusa Tenggara ini, makin enak dikonsumsi jika kandungan airnya makin banyak, loh!

Tips memilih buah lontar adalah dengan memilih buah yang masih muda. Sehingga, kandungan air nya lebih banyak dan teksturnya juga lebih empuk.

Selain itu, cara mengkonsumsi buah lontar ternyata juga sangat mudah, yakni kamu tinggal mengupasnya dengan bersih dan langsung dimakan saja.

Nah, itulah penjelasan mengenai 10 manfaat buah lontar untuk kesehatan, lengkap dengan kandungan yang terdapat di dalamnya. Bagaimana, detikers tertarik untuk mencobanya?

Red.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *