Hadiri Ruat Bumi Banggala Mulya, Bupati ajak masyarakat jauhi kemalasan

Subang, JurnalTipikor.com | Bupati Subang H. Ruhimat menghadiri Ruwat Bumi Desa Banggala Mulya Kecamatan Kalijati, bertempat di Lapang Desa Banggala Mulya, Rabu 23 Agustus 2023.

Ruwat Desa tersebut sekaligus dalam rangka Krida Tani yaitu hari besar yang diperingati oleh seluruh pelaku industri pertanian di Indonesia termasuk petani, peternak, nelayan, pegawai, serta pengusaha yang bergerak di sektor pertanian. Lapang Desa Banggala Mulya dipadati oleh masyarakat yang antusias dengan pagelaran tradisi adat yang lahir sejak jaman nenek moyang tersebut. Perwakilan setiap RT di Desa Banggala Mulya membuka stand/ booth yang menampilkan hasil bumi dan kreasi dari para warga.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Banggala Mulya, H. Ato Sugiarto menyampaikan kehadiran bupati Subang yang akrab disapa Kang Jimat sangat dinantikan para warga desa, dirinya pun berterima kasih atas kedatangan Kang Jimat pada ruwat bumi tersebut.

Kantor Imigrasi Bengkalis Buka Program Eazy Pasport.

Selanjutnya, H. Ato meminta Kang Jimat agar segera memperbaiki Sekolah Dasar Desa Sukatani memprihatinkan karena bangunannya sudah roboh sehingga kegiatan belajar mengajar dipindahkan sementara di Mushola.

H. Ato juga melaporkan Codetan Cilamaya menuju Cikeruh yang baru mencapai 45% agar diselesaikan pembangunannya untuk meningkatkan produktivitas pertanian sekaligus mengantisipasi musim kemarau.

Bupati Subang dalam sambutannya mengajak para warga desa untuk mengisi kemerdekaan dengan memerangi dan menjauhi kemalasan, karena kemalasan dekat dengan kemiskinan. Kang Jimat optimis, jika masyarakat meninggalkan kemalasan, bukan tidak mungkin Indonesia bisa sejajar bahkan melebihi negara lain di Asia.
“Tolong resapi, jika tidak ada kemalasan, tidak ada kemiskinan dan tidak ada kebodohan. Ayo tinggalkan kemalasan!” Ungkap Kang Jimat.

SAT RES NARKOBA POLRES WAJO TERIMA TIM SUPERVISI POLDA SULSEL UNTUK EVALUASI PROGRAM KAMPUNG TANGGUH ANTI NARKOBA

Menjawab permintaan kepala desa terkait bangunan SD Sukatani yang sudah rubuh tersebut, Kang Jimat menegaskan dirinya menginstruksikan kepada Kadisdik Subang agar pada tahun 2023 SD tersebut diperbaiki segera.

Kang Jimat juga menegaskan pembangunan infrastruktur jalan akan tetap berjalan tahun ini, begitu juga halnya dengan codetan Cilamaya – Cikeruh.
“Saya minta maaf karena pembangunan belum optimal karena 3 tahun anggaran diprioritaskan untuk menangani covid. Tapi yang jelas on progress tahun ini untuk Bendungan Cilamaya yang ada di Ponggang menuju Cikeruh.” Janji Kang Jimat.

Menutup sambutannya, Kang Jimat menegaskan dirinya tidak akan menyalahgunakan anggaran Kabupaten. Kang Jimat juga menyampaikan prestasi Kabupaten Subang yang telah berturut-turut meraih 5 kali predikat WTP dari BPK RI selama pemerintahan Jimat-Akur.
“Insya Allah. Moal rek disalahgunakan ku Simkuring!” Tutup Kang Jimat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Kalijati, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kadisdikbud Subang, Muspika Kalijati, Jajaran Pemdes Banggala Mulya dan masyarakat setempat.

JT – Subang

4 thoughts on “Hadiri Ruat Bumi Banggala Mulya, Bupati ajak masyarakat jauhi kemalasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *