Kantor Imigrasi Bengkalis Buka Program Eazy Pasport.

Duri-Jurnal Tipikor,com | Dalam rangka memberikan kemudahan pelayanan pembuatan pasport kepada Masyarakat.

Kementerian Hukum dan HAM Riau bekerjasama dengan kantor Keimigrasian Kabupaten Bengkalis melaksanakan Sosialisasi Tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan Layanan Eazy Pasport bersama Stafsus Menkumham RI Bidang Transformasi Digital Fajar BS Lase.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di lantai IV Surya Hotel Duri Kecamatan Bathin Solapan. Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau.
Program Eazy Passport sendiri dilaksanakan oleh Kantor Imigrasian Kabupaten Bengkalis dalam rangka memberikan kemudahan kepengurusan paspor kepada masyarakat yang ingin berpergian keluar negeri.

Perhutani Kuningan Dampingi dan Fasilitasi Pelajar SMA Pada Kegiatan Green Youth Movement

Untuk Kabupaten Bengkalis pada hari ini Rabu 23 Agustus 2023 disiapkan kuota sebanyak 500 orang yang meliputi Kecamatan dan Wilayah Kabupaten Bengkalis.

Pelayanan ini pun dilaksanakan dengan cepat dan tanggap serta tetap memperhatikan standar operasional pelayanan dari Kantor Imigrasi yang ikut serta dalam program ini. Adapun, 5 Kantor Imigrasi yang ikut serta yakni Kanim Dumai, Kanim Bagan Siapi-api, Kanim Bengkalis, Kanim Pekanbaru, Kanim Siak .

Dalam kesempatan ini, Fajar BS Lase turut memberikan sosialisasi dihadapan para masyarakat yang akan mengurus pembuatan maupun perpanjangan paspor tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) agar masyarakat yang mendapatkan tawaran bekerja di luar negeri bisa lebih berhati-hati.

Stafsus Menkumham RI ini pun turut menjelaskan terkait dengan proses dan pelayanan pembuatan serta perpanjangan paspor yang tersedia saat ini. Beliau berpesan agar paspor yang merupakan salah satu dokumen penting dapat dijaga sebaik baiknya dan tidak disalahgunakan apabila sedang berada di luar negeri.
Kegiatan pun dilanjutkan dengan pelaksanaan pelayanan oleh seluruh pegawai Kanim yang ikutserta pada kesempatan ini. Stafsus Menkumham RI pun berkeliling sambil berbincang kepada masyarakat pemohon paspor.

Jadi Lebih Rapi, Pemkot Bandung dan RSHS Tata PKL di Jalan Eyckman

Sementara itu Kepala Imigrasi Bengkalis, Zakaria Saat ditanya awak media ia mengatakan,
Pemohon yang datang akan melakukan prosedur pengambilan nomor antrean, verifikasi berkas persyaratan, dan pengambilan data biometrik berupa foto wajah dan sidik jari. Sedangkan untuk pembayaran bisa dilakukan di bank ,baik offline atau online banking, kantor pos, Indomaret, dan Bank BRI .

Kemudian di lokasi tersebut kami akan melayani permohonan penerbitan paspor baru dan penggantian paspor. Bagi pemohon paspor baru wajib membawa EKTP, KK, Akte Lahir atau Ijazah sekolah atau buku nikah. Sedangkan untuk penggantian paspor cukup membawa EKTP dan paspor lama,” tutur Zakaria

Tingkatkan Pajak Retribusi Daerah, Bupati Harapkan Untuk Menggunakan Program QRIS.

Sedangkan untuk biaya paspor, dikenakan biaya Rp 350 ribu, sedangkan untuk paspor elektronik Rp 650 ribu.Kemudian kami menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Bengkalis jika hendak mengurus paspor tersebut jangan menggunakan jasa calo, lebih baik datang sendiri bawa dokumen e-KTP,KK, Akte Kelahiran,Buku Nikah yang sudah menikah dan Ijazah terakhir tetap kami layani dengan baik.ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Stafsus Kemenkumham RI Provinsi Riau, Kepala dan Pejabat Kantor Imigrasi 5 Wilayah, Dumai, Bengkalis,,Kab Siak, Pekan Baru, dan staf Kanwil Kemenkumham dan Kanim, serta Kepala Ka lapas Kelas II A Bengkalis .”.tutupnya.
(JT – Irwansyah Siregar).

One thought on “Kantor Imigrasi Bengkalis Buka Program Eazy Pasport.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *