Aliansi Aktivis Jabar menuntut Kejati Jabar Proses Hukum Dugaan Korupsi di Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat

Bandung, JURNAL TIPIKOR— Kelompok masa yang tergabung dalam Aliansi aktivis Jawa Barat melakukan Aksi Unjuk Rasa di dua titik yakni kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Barat serta di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat, Kamis (25/5)

Aliansi aktivis tersebut gabungan dari dua organisasi masyarakat yakni Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Jaringan Siliwangi Indonesia (JSI) serta Forum Komunikasi Anti Korupsi (Forkas).

Dalam aksinya mereka mengerahkan 1 unit Mobil komando, 150 unit Sepeda Motor serta membawa spanduk maupun selebaran yang berisi tuntutannya.

Mereka bergerak dari sekretariatnya di kawasan Komplek Margahayu Raya pukul 09.00 WIB menuju kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, dilanjutkan ke gedung Kejati Jawa Barat.

WNI Kelahiran Jambi dalam Proses hukum di Malaysia, Kapolda Jambi Gerak Cepat Telusuri Kasusnya

Dengan membakar Ban sebagai simbol perlawanan terhadap para Koruptor di Jawa Barat, mereka bergantian berorasi di atas mobil komando.

Berdasarkan liputan Jurnal Tipikor di lokasi unjuk rasa, Inilah Pernyataan Sikap dan Tuntutan mereka antara lain:

1. KAMI ALIANSI LSM JARINGAN SILIWANGI INDONESIA ,LSM FORUM KOMUNIKASI ANTI KORUPSI DAN AKTIVIS JAWA BARAT MENUTUT KEPALA KANTOR WILAYAH KEMENTRIAN AGAMA JAWA BARAT UNTUK MEMPERTANGGUANG JAWABKAN ATAS PERBUATAN MELAWAN HUKUM DAN PENYALAHGUNAAN KEWENANGAN ATAS KEGIATAN PROGRAM PENINGKATAN SARANA PRASARANA MADRASAH MELALUI SURAT BERHARGA SYARIAH NEGARA DAN DANA BOSS BAIK DI KOTA/KABUPATEN SE-JAWA BARAT.

Jam-Pidsus Kejagung Periksa 3 orang Saksi Terkait Dugaan Korupsi di PT Waskita Karya

2. KAMI ALIANSI DLSM JARINGAN SILIWANGI INDONESIA,FORUM KOMUNIKASI ANTI KORUPSI DAN AKTIVIS JAWA BARAT MENUNTUT SEGERA AGAR OKNUM DAN PENYEDIA BARANG DI KANTOR WILAYAH KEMENTRIAN AGAMA DI JAWA BARAT DI USUT TUNTAS YANG DI DUGA MELAKUKAN PERBUATAN JAHAT KONGKALINGKONG PADA PROGRAM SARANA PRASANA MADRASAH
DI KABUPATEN ATAU KOTA DI WILAYAH JAWA BARAT .

3. KAMI ALIANSI LSM JARINGAN SILIWANGI INDONESIA, LSM FORUM KOMUNIKASI ANTI KORUPSI DAN AKTIVIS JAWA BARAT MENUNTUT PIHAK KEJAKSAAN TINGGI JAWA BARAT UNTUK MELAKUKAN MEMERIKSA DAN MENGUSUT TUNTAS KEGIATAN PROGRAM SARANA PRASANA MADRASAH YANG SI SALURKAN MELALU PROGRAM SBSN DI KABUPTEN DAN KOTA DI JAWA BARAT.

4. ALIANSI LSM JARINGAN SILIWANGI INDONESIA, LSM FORUM KOMUNIKASI ANTI KORUPSI DAN AKTIVIS JAWA BARAT AKAN MENYERAHKAN LAPORAN PENGADUAN ATAS TEMUAN PADA KEGIATAN PROGRAM SARANA PRASANA MADRASAH YANG DI SALURKAN MELALUI PROGRAN SBSN BERSERTA BUKTI-BUKTI KEPADA KAJAKSAAN TINGGI JAWA BARAT, KAMI LSM JSI AKAN TERUS MENGAWAL MENDORONG DAN MENDUDUKUNG PIHAK KEJATI JABAR UNTUK MENGUSUT TUNTAS ATAS DUGAAN KKN PADA KANTOR WILAYAH KEMENTRIAN AGAMA JAWA BARAT.

5. ALIANSI LSM JARINGSN SILIWINGI INDONESIA , LSM FORUM KOMUNIKASI ANTI KORUPSI DAN AKTIVIS JAWA BARAT MENYOROTI DAN MENGAWAL ATAS DUGAAN PENYALAHGUNAAN KEWENANGAN DAN PERBUATAN MELAWAN HUKUM PADA ANGGARAN DANA BOSS TAHUN 20-17-2018 YANG KAMI DUGA BELUM SELESAI SECARA TUNTAS DAN PENGEMBALIAN ANGGARAN BARU Rp.6,5 M DARI TOTAL 22 MILIAR.UNTUK ITU KAMI ALIANSI MEMINTA KEJATI JABAR UNTUK MEMBERSIHKAN OKNUM PARA AKTOR INTELEKTUAL OKNUM DI KEMENAG JAWA BARAT.

6. KAMI MENUNTUT AGAR PIHAK KEJAKSAN TINGGI JAWA BARAT DAPAT MEMBERIKAN HAK PELAYANAN PUBLIK ATAS INFORMASI
YANG DI MILIKI , SERTA DUKUNGAN DARI
SEGENAP JAJARAN PEMERINTAH SANGAT DI PERLUKAN AGAR KINERJA DAN PERTANGGUNGAN JAWABAN PUBLIKNYA BISA DI AKSES DAN SELALU DI KONTROL MASYARAKAT.

Akhirnya, empat orang perwakilan dari mereka yakni Nanang Jaenudin, M. Thohir Baraba, Adhie Wahyudi serta M. Cahyo diterima Kasi Penkum Kejati Jabar  untuk dilakukan audiensi.

JT-AT

2 thoughts on “Aliansi Aktivis Jabar menuntut Kejati Jabar Proses Hukum Dugaan Korupsi di Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *