KABID HUMAS POLDA JABAR : POLISI HADIRI PERESMIAN SUMUR BOR DAN PENANAMAN POHON MANGROVE RHIZOPHORA

JURNAL TIPIKOR – Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Jules Abraham Abast S.I.K mengatakan bahwa Polisi menghadiri acara peresmian sumur bor dan penanaman bersama pohon mangrove Rhizophora di Desa Eretan Wetan dan Desa Ilir, Kabupaten Indramayu. Jumat (17/5/2024)

Acara tersebut juga dihadiri oleh Forkopimda Indramayu, Forkopimcam Kecamatan Kandanghaur, serta para Kuwu se-Kecamatan Kandanghaur.

Kolaborasi antar pihak ini menunjukkan kepedulian bersama terhadap lingkungan dan sumber daya alam di Kabupaten Indramayu.

Baca juga Kapolri bersama Panglima TNI meninjau langsung kesiapan venue Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan air bersih bagi masyarakat melalui sumur bor yang baru diresmikan, serta untuk menjaga ekosistem pesisir dengan penanaman pohon mangrove.

“Penanaman mangrove Rhizophora ini sangat penting untuk mencegah abrasi dan menjaga keseimbangan ekosistem laut di sekitar Desa Eretan Wetan dan Desa Ilir,” ujarnya

Selain itu, penanaman pohon mangrove juga diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat pesisir, termasuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan menunjang mata pencaharian mereka.

Baca juga Sekda Kabupaten Sukabumi Lepas Calon Jemaah Haji 2024 Kloter 14 Sebanyak 432 Orang

Kami berharap kegiatan ini tidak hanya membawa manfaat lingkungan, tetapi juga mempererat sinergi antara pemerintah, kepolisian, dan masyarakat dalam menjaga serta melestarikan alam,” ungkapnya.

Para peserta kegiatan, termasuk anggota Forkopimda dan Forkopimcam, serta para Kuwu, berpartisipasi aktif dalam penanaman mangrove, menunjukkan komitmen mereka terhadap upaya konservasi lingkungan.

Dengan adanya sumur bor yang baru diresmikan, diharapkan kebutuhan air bersih masyarakat dapat terpenuhi dengan lebih baik.

Sementara itu, penanaman mangrove diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam jangka panjang bagi kelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Baca juga DPP LSM BPKP Datangi Kejagung RI Pertanyakan Lapdu yang sudah di Layangkan

Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari masyarakat setempat, yang merasa terbantu dan mendukung upaya-upaya konservasi yang dilakukan oleh Polres Indramayu dan pemerintah daerah.

Mereka berharap program serupa dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan untuk menjaga dan memperbaiki kondisi lingkungan mereka.

(Bidhumas Polda Jabar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *