Inilah Beberapa kegunaan dan Manfaat dari Bawang Putih

Jakarta, JurnalTipikor.com | Inilah beberapa manfaat dari bawang putih yang berguna bagi kesehatan termasuk mampu mengobati berbagai macam penyakit.

Selain sering dijadikan sebagai bumbu masakan karena rasanya yang khas, faktanya bawang putih (Allium sativum L.) juga menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Bawang putih merupakan sumber nutrisi yang baik, yang kaya akan gizi namun memiliki sedikit kalori. Lebih lanjut, simak kandungan beserta manfaat bawang putih untuk kesehatan di bawah ini :

Baca Juga Jadi Korban Penipuan Perbankan di BCA Pekanbaru, Janda Miskin Ini Ajak Ketua KNPI Riau

Kandungan Bawang Putih

Dikutip dari laman Healthline, satu siung bawang putih (sekitar 3 gram) memiliki kandungan:

  • 4,5 kalori
  • 0,2 gram protein
  • 1 gram karbohidrat

Sebagai sumber nutrisi yang baik, bawang putih turut mengandung:

  • Mangan
  • Selenium
  • Serat
  • Vitamin B6
  • Vitamin C

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan.

1. Membantu Melindungi dari Penyakit

Dalam The Journal of Nutrition tahun 2016 oleh Percival Susan dari University of Florida yang dimuat Science Direct, penelitian menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih tua (AGE) bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Salah satu penyakit yang bisa disembuhkan dengan bawang putih yaitu pilek dan flu. Pasalnya, ada penelitian lain menunjukkan bahwa senyawa dalam bawang putih mungkin memiliki sifat antivirus.

Baca Juga Hadiri Rakor Bersama kepala BNPB, Bupati Terima Bantuan untuk Atasi Kekeringan di Wilayah Kabupaten Subang

Selain itu, penelitian tahun 1994 oleh K A Steinmetz, dkk, dari School of Public Health, University of Minnesota yang dimuat National Library of Medicine, dari 41.000 wanita berusia antara 55 dan 69 tahun yang rutin mengkonsumsi bawang putih, sayuran, dan buah-buahan, mereka memiliki risiko kanker usus besar sekitar 35% lebih rendah.

2. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

World Health Organization (WHO) mengungkapkan bahwa penyakit kardiovaskular (serangan jantung dan stroke) menjadi salah satu penyebab kematian dibandingkan kondisi lainnya.

Di mana, tekanan darah tinggi (hipertensi), termasuk menjadi salah satu faktor yang menyebabkan penyakit tersebut.

Dalam sebuah meta-analisis studi 2020 oleh Karin Ried dari National Institute of Integrative Medicine (NIIM), menemukan bahwa suplemen bawang putih bermanfaat menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi.

Baca Juga DLH Kabupaten Bandung Lakukan Respon Cepat Penanganan Darurat Kebakaran

Para peneliti juga mengaitkan efek ini dengan penurunan risiko 16%-40% mengalami kardiovaskular.

3. Anti Inflamasi

Dilansir laman Cleveland Clinic, minyak bawang putih juga berperan sebagai anti inflamasi. Terutama jika ada sendi/otot yang meradang atau sakit.

Mengoleskan minyak bawang putih bermanfaat dalam mencegah kerusakan tulang rawan yang diakibatkan oleh arthritis.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sanjay K Banerjee dan Subir K Maulik dalam penelitian tahun 2002 bertajuk Effect of Garlic on Cardiovascular Disorders: a Review, menunjukkan bawang putih bisa memiliki manfaat positif pada arteri dan tekanan darah.

Para peneliti percaya bahwa sel darah merah akan mengubah belerang dalam bawang putih menjadi gas hidrogen sulfida. Hal ini bermanfaat dalam memperluas pembuluh darah kita, sehingga lebih mudah mengatur tekanan darah.

5. Meningkatkan Kesehatan Gusi

Dikutip laman WebMD, ekstrak bawang putih tua memiliki manfaat dalam meningkatkan kesehatan gusi. Terutama membantu mencegah infeksi gusi yang serius (periodontitis).

Baca Juga Kantor Imigrasi Bengkalis Buka Program Eazy Pasport.

Menggunakan ekstrak bawang putih tua melalui mulut dua kali sehari selama 18 bulan, dipercaya bisa membantu meningkatkan kesehatan gusi pada orang yang menderita periodontitis ringan maupun sedang.

6. Membersihkan Kulit

Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang bermanfaat untuk membersihkan kulit. Kandungan tersebut berperan dalam membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Dalam hal ini, menggosokkan bawang putih mentah bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Tapi, perlu diingat bahwa bawang putih juga bisa menyebabkan sensasi terbakar pada kulit.

Jadi, lebih baik konsultasikan dengan dokter kulit terlebih dahulu sebelum melakukannya. Apalagi jika kamu sedang menggunakan produk perawatan kulit lainnya.

7. Mungkin Membantu Meringankan Kolesterol Jahat

Suplemen bawang putih tampaknya menurunkan kolesterol total dan Low Density Lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat. Hal ini berperan terutama pada mereka yang memiliki kadar kolesterol yang agak tinggi.

Baca juga Atasi masalah Sampah Akibat terbakarnya TPA Sarimukti, Pemkot Bandung dirikan Posko Terpadu

8. Membantu Mencegah penyakit Alzheimer dan Demensia

Kerusakan oksidatif akibat radikal bebas berperan dalam proses penuaan dan penurunan kognitif. Di sini, bawang putih punya sifat antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif.

Ada penelitian yang menunjukkan antioksidan tersebut bisa secara signifikan mengurangi stres oksidatif serta menurunkan risiko penyakit, seperti penyakit Alzheimer, yang merupakan bentuk demensia paling umum.

Paola Tedeschi dkk, dalam penelitian pada hewan tahun 2022, menunjukkan bahwa allicin dalam bawang putih juga bisa membantu melindungi terhadap penurunan kognitif. Namun perlu penelitian pada manusia, sebelum bisa sepenuhnya memahami potensinya.

9. Membantu Meningkatkan Kinerja Atletik

Suplemen bawang putih bermanfaat untuk meningkatkan kinerja atletik. Pasalnya, bawang putih merupakan salah satu zat ‘peningkat kinerja’ yang paling awal.

Sebuah studi kecil tahun 2015 oleh C. J. Womack, dkk, dari James Madison University, menemukan bahwa suplemen bawang putih bisa meningkatkan kapasitas oksigen selama berolahraga. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian dalam memastikan potensi manfaat ini.

10. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat bawang putih untuk wanita yaitu membantu menjaga kesehatan tulang, khususnya pada wanita setelah menopause.

Baca Juga Dua Selebgram diamankan Polrestabes Bandung dengan Kasus Judi Online

Hasil uji klinis yang dipublikasikan pada tahun 2017, menunjukkan bahwa bawang putih bisa mengurangi stres oksidatif yang menyebabkan osteoporosis. Di mana, ada para peserta mengkonsumsi tablet bawang putih setara dengan 2 gram bawang putih segar per hari.

11. Melindungi dari Keracunan Makanan

Sifat antibakteri dalam bawang putih segar bermanfaat dalam membunuh bakteri penyebab keracunan makanan, termasuk bakteri Salmonella dan E.coli .

Tapi, lebih baik jangan gunakan bawang putih sebagai pengganti upaya sanitasi makanan atau penanganan bakteri pada makanan.

Berapa Siung Bawang Putih yang Baik Untuk Dikonsumsi Setiap Hari?

Pada orang dewasa, bawang putih seringnya digunakan dengan dosis 2400 mg per oral setiap hari selama 12 bulan.

Ekstrak bawang putih biasanya distandarisasi berdasarkan jumlah allicin yang dikandungnya, yang biasanya berkisar antara 1,1% hingga 1,3%.

Sebaiknya, mencari suplemen bawang putih yang bersifat salut (enteric coating) agar larut di usus (bukan di lambung).

Selain itu, bawang putih juga bisa digunakan dalam krim, gel, pasta, dan obat kumur.

Sebelum mulai mengkonsumsi bawang putih ataupun suplemennya untuk harian, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Pasalnya, suplemen bawang putih terkadang bisa menyebabkan efek samping seperti sakit kepala, kelelahan, kehilangan nafsu makan, nyeri otot, pusing, hingga reaksi alergi seperti serangan asma atau ruam kulit.

Jika kamu sedang mengkonsumsi pengencer darah, suplemen bawang putih bisa meningkatkan efek obat, membuat darah akan semakin sulit untuk menggumpal.

Baca juga Bupati Sukabumi Membuka Acara Sosialisasi Pengembangan Panas Bumi

Memasukkan bawang putih ke dalam resep makanan bisa mengubah keseimbangan pH bawang putih. Oleh sebab itu, manfaat bawang putih untuk kesehatan yang paling banyak yaitu bila dikonsumsi dalam keadaan mentah.

“Namun, jika memilih untuk memasak bawang putih, jangan memanaskannya di atas suhu 60 Celcius. Suhu yang lebih tinggi membunuh allicin, jadi tambahkan bawang putih ke dalam masakan saat kamu hampir selesai memasak,” ungkap Ahli diet Laura Jeffers, MEd, RD, LD, dikutip dari laman Cleveland Clinic.

Itulah tadi informasi seputar manfaat bawang putih untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!

Red/Detik.com

60 thoughts on “Inilah Beberapa kegunaan dan Manfaat dari Bawang Putih

  1. I?¦m not certain the place you are getting your information, however good topic. I needs to spend a while studying much more or understanding more. Thank you for great information I was in search of this information for my mission.

  2. Someone essentially help to make seriously posts I would state. This is the very first time I frequented your website page and thus far? I amazed with the research you made to make this particular publish amazing. Wonderful job!

  3. Aw, this was a very nice post. In thought I wish to put in writing like this moreover – taking time and actual effort to make a very good article… however what can I say… I procrastinate alot and by no means appear to get one thing done.

  4. Please let me know if you’re looking for a author for your blog. You have some really good articles and I believe I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I’d really like to write some material for your blog in exchange for a link back to mine. Please blast me an e-mail if interested. Kudos!

  5. Please let me know if you’re looking for a article author for your site. You have some really great posts and I think I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I’d really like to write some content for your blog in exchange for a link back to mine. Please blast me an email if interested. Many thanks!

  6. Youre so cool! I dont suppose Ive learn something like this before. So good to search out somebody with some original ideas on this subject. realy thanks for beginning this up. this website is one thing that’s needed on the internet, somebody with slightly originality. useful job for bringing one thing new to the web!

  7. Hey very nice site!! Man .. Beautiful .. Amazing .. I’ll bookmark your web site and take the feeds also…I’m happy to find a lot of useful info here in the post, we need work out more techniques in this regard, thanks for sharing. . . . . .

  8. I’ve recently started a website, the information you offer on this web site has helped me tremendously. Thanks for all of your time & work. “If you would know strength and patience, welcome the company of trees.” by Hal Borland.

  9. Hello my family member! I want to say that this article is amazing, nice written and come with approximately all significant infos. I would like to look extra posts like this .

  10. About Blue Tonic Weight Loss Drink Recipe:The Blue Tonic Weight Loss Drink Recipe is more than just a beverage; it’s a potent blend of carefully selected ingredients designed to support your weight loss journey.

  11. What Is Exactly Emperor’s Vigor Tonic? Emperor’s Vigor Tonic is a clinically researched natural male health formula that contains a proprietary blend of carefully selected ingredients.

  12. Sweet blog! I found it while searching on Yahoo News. Do you have any tips on how to get listed in Yahoo News? I’ve been trying for a while but I never seem to get there! Appreciate it

  13. I am often to blogging and i really appreciate your content. The article has really peaks my interest. I am going to bookmark your site and keep checking for new information.

  14. I think this is one of the most significant info for me. And i’m glad reading your article. But want to remark on few general things, The website style is perfect, the articles is really great : D. Good job, cheers

  15. I will immediately grab your rss as I can’t find your email subscription link or e-newsletter service. Do you’ve any? Kindly permit me know in order that I could subscribe. Thanks.

  16. I’ve been surfing online greater than 3 hours lately, but I never discovered any attention-grabbing article like yours. It is pretty value enough for me. In my view, if all webmasters and bloggers made good content material as you did, the internet shall be much more helpful than ever before.

  17. Thank you, I have recently been looking for info approximately this topic for a while and yours is the best I have found out so far. However, what in regards to the conclusion? Are you certain in regards to the supply?

  18. Just want to say your article is as amazing. The clarity in your post is just spectacular and i could assume you are an expert on this subject. Well with your permission allow me to grab your RSS feed to keep updated with forthcoming post. Thanks a million and please continue the enjoyable work.

  19. I have read several just right stuff here. Certainly worth bookmarking for revisiting. I surprise how much attempt you put to create any such magnificent informative site.

  20. Thank you for every other wonderful article. The place else could anyone get that type of information in such a perfect method of writing? I have a presentation subsequent week, and I’m at the search for such info.

  21. I am now not sure where you are getting your info, but good topic. I must spend a while finding out much more or understanding more. Thanks for wonderful info I used to be on the lookout for this info for my mission.

  22. I’m impressed, I have to say. Actually rarely do I encounter a weblog that’s both educative and entertaining, and let me let you know, you might have hit the nail on the head. Your concept is outstanding; the issue is one thing that not enough individuals are speaking intelligently about. I’m very happy that I stumbled across this in my search for one thing regarding this.

  23. I¦ll immediately grab your rss feed as I can not to find your email subscription hyperlink or e-newsletter service. Do you have any? Kindly allow me realize in order that I may just subscribe. Thanks.

  24. Hello my loved one! I wish to say that this article is amazing, nice written and come with almost all significant infos. I would like to look more posts like this .

  25. The other day, while I was at work, my cousin stole my iphone and tested to see if it can survive a 30 foot drop, just so she can be a youtube sensation. My apple ipad is now broken and she has 83 views. I know this is entirely off topic but I had to share it with someone!

  26. Hello! I could have sworn I’ve been to this blog before but after browsing through some of the post I realized it’s new to me. Anyways, I’m definitely happy I found it and I’ll be book-marking and checking back frequently!

  27. Weve tested dozens of live chat customer support apps, and here we’ll present the best ones so you can choose which one is right for your business

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *