Dalam rangka Peningkatan Penggunaan Barjas, Disperdagin Kabupaten Bandung Gelar Sosialisasi P3DN

Kabupaten Bandung, JURNAL TIPIKOR – Bertempat Di Hotel Grand Pasundan Bandung, Dinas Perdagangan dan Industri (Disperdagin) Kabupaten Bandung menggelar acara Sosialisasi Pelaporan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), Rabu (29/5/2024).

Tujuan diselenggarakannya acara tersebut  Dalam rangka  tata cara pelaporan P3DN serta meningkatkan penggunaan produk dalam negeri dan usaha mikro lainnya, kegiatan ini juga menjadi perwujudan dari misi ke-1 Pemkab Bandung, yaitu membangkitkan daya saing daerah.

Tampak hadir Sekda Kabupaten Bandung Dr. Cakra Amiyana, ST., MA, Kepala Disperdagin Kabupaten Bandung, Dicky Anugerah, SH., MH

Baca juga PJ Bupati dan Ketua DPRD Wajo Terima Penghargaan WTP dari BPK Sulsel

Dalam sambutanya, Sekda Kabupaten Bandung menyampaikan, digelarnya acara ini bermaksud untuk mendorong pihak penyelenggara (pemkab Bandung) berkewajiban untuk melaksanakan belanja pengadaan Barjas, dengan aturan mengikuti P3DN sebanyak 40% dengan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) sebesar 25%, ujarnya. 

Lebih lanjut Cakra mengatakan, Pemkab Bandung telah menerbitkan kebijakan diantaranya Instruksi Bupati Nomor 7 tahun 2022 tentang Peningkatan Penggunaan Produk dalam Negeri pada pengadaan Barang/Jasa (Barjas) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung.

“Selain meningkatkan penggunaan produk dalam negeri dan usaha mikro lainnya, kegiatan ini juga menjadi perwujudan dari misi ke-1 Pemkab Bandung, yaitu membangkitkan daya saing daerah”

“Saya harap Kabupaten Bandung ini memiliki pengusaha-pengusaha yang mampu memproduksi di dalam negeri sehingga substitusi barang impor. Pemerintah ini harus mendukung P3DN demi meningkatkan perekonomian Kabupaten Bandung,” pungkasnya

Baca juga Cabup Sukabumi Melepas Jamaah Haji Kloter 40 Sebanyak 431 Orang

Sedangkan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bandung, Dicky Anugerah menyebutkan,  realisasi capaian PDN Kabupaten Bandung pada tahun 2023 adalah sebesar 43,64 %, sedangkan tahun 2024 sampai bulan Mei realisasi PDN Kabupaten Bandung sudah mencapai 25,33 % dari komitmen PDN sebesar Rp.1.697.270.809.510 dan pelaksanaan sampai bulan Mei sudah mencapai sebesar Rp. 429.918.638.057, imbuhnya

(AT)

3 thoughts on “Dalam rangka Peningkatan Penggunaan Barjas, Disperdagin Kabupaten Bandung Gelar Sosialisasi P3DN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *