Antisipasi Banjir: Koramil 1406-04/Belawa dan Warga Bersihkan Saluran Air

Belawa, Wajo, JURNAL TIPIKOR – Dalam upaya meningkatkan kesehatan lingkungan serta mengantisipasi potensi banjir, Koramil 1406-04/Belawa di bawah kepemimpinan Serka Ilyas, melakukan Karya Bhakti bersama warga. Kegiatan ini dilaksanakan di Lingkungan Macero, Kelurahan Macero, Kecamatan Belawa, Kabupaten Wajo, pada hari Minggu, 21 Januari 2024.

Semangat gotong-royong terpancar dari partisipasi aktif aparat dan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Melibatkan Babinsa dan warga, kegiatan ini menjadi wujud konkret dari upaya pencegahan genangan air yang dapat berpotensi menyebabkan penyebaran penyakit.

Dalam karya bhakti tersebut, Babinsa bersama warga melakukan pembersihan rumput dan tanaman liar di saluran irigasi. Langkah ini diambil untuk mencegah penumpukan sampah yang dapat menyebabkan pendangkalan saluran, menghambat aliran air, dan berpotensi menimbulkan genangan air di sekitar kawasan persawahan.

Baca juga DPP BPKP : Pemeliharaan Jalan Se-Jawa Barat Diduga Sarat dengan Praktek Korupsi

Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi contoh positif bagi masyarakat lainnya untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan. Meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan diharapkan akan membawa dampak positif bagi kesejahteraan bersama.

Turut hadir dalam kegiatan ini sebanyak 8 orang anggota Koramil 1406-04/Belawa, Kepala Lingkungan Macero beserta 3 orang anggotanya, dan 16 warga masyarakat Macero. Kehadiran mereka memberikan dukungan kuat terhadap upaya pencegahan banjir dan menjaga kebersihan lingkungan sebagai bagian dari tanggung jawab bersama.

Sembari berupaya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, Koramil 1406-04/Belawa juga berharap agar kegiatan ini dapat memicu semangat kegotong-royongan di masyarakat. Bersama-sama, mereka menunjukkan bahwa upaya kecil seperti membersihkan saluran air dapat memberikan dampak besar dalam menjaga kestabilan lingkungan dan kesejahteraan bersama.

JT-Wajo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *