Menjadi Viral di Media Sosial, Jalan Berlubang di Provinsi Lampung Diperbaiki secara tiba-tiba

Jakarta, JURNAL TIPIKOR–Usai Viral di media sosia selain kunjungan Presiden Jokowi, Jalan berlubang di Provinsi Lampung dilakukan perbaikan secara tiba-tiba.

Tentunya dengan pekerjaan yang terkesan tiba-tiba menjadi banyak pertanyaan tentang kualitas pekerjaanya.

Pemerhati Infrastruktur Dodik Marseno menjelaskan, secara teknis, badan jalan itu sendiri seharusnya terdiri dari beberapa lapis, yakni tanah dasar, pondasi bawah, pondasi atas sampai lapis permukaan atau aspal. Sementara, jika dilihat dari video dan foto yang beredar, kerusakan jalan di Lampung cukup parah bahkan sampai dasar.

Pemblokiran Nomor Ponsel Wartawan dan LSM Tidak Sejalan Visi Presisi Kapolri

“Artinya memang perbaikannya harus cukup besar, menyeluruh jadi nggak hanya sekadar lapis permukaan dengan diaspal tapi juga lapis tanah permukaan harus diperbaiki,” katanya kepada detikcom, Kamis (4/5/2023).

Dia menilai, lapis tanah dasar ini sangat penting untuk menentukan kualitas jalan. Jika tidak bagus, kata dia, harus diperbaiki seperti menggunakan tanah timbunan pengganti dan dipadatkan.

Ia menyebut, jika pemadatan yang kurang bagus bisa berdampak pada jalan.

“Pada saat dibetulin OK, tapi setelah nanti jadi itu ada potensi penurunan karena pemadatannya kurang optimal,” katanya.

Lembaga Survei Indikator : Kepercayaan Publik Terhadap Kinerja Kejagung Meningkat

Kembali, dia menuturkan, jika melihat video dan foto yang beredar, perbaikannya harus dilakukan dengan hati-hati sehingga tidak cepat rusak.

“Kalau kita lihat di video, gambar-gambar kerusakannya cukup parah, artinya perbaikannya juga harus dilakukan dengan hati-hati, dengan step-step bener dilaksanakan dengan baik. Dan itu mestinya butuh waktu, nggak bisa sekadar main timbun dengan aspal hanya untuk memperlihatkan kondisi sesaat OK, tapi kemudian rusak lagi,” terangnya.

Selain badan jalan, Dodik juga menyebut, pembangunan drainase juga penting dilakukan. Sehingga, jalan tidak cepat rusak karena tergenang air.

“Infrastruktur jalan komponennya selain badan jalan itu kan ada drainase yang harus disiapkan. Air ini kan segera dialirkan kalau tidak membuat badan jalan cepat aus,” terangnya.

AKBP Richo Simanjuntak, selaku Kapolres Belu, Pimpin Upacara Sertijab Kasat Intelkam dan Kasat Samapta

Sementara, Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno tak banyak berkomentar mengenai kualitas jalan yang dikebut pembangunannya tersebut. Ia hanya menyoroti apakah jalan itu awet atau tidak.

“Saya juga khawatir, ko jalan tiba-tiba baru dibangun, nggak tahu saya, coba dilihat berapa bulan awet nggak, apa rusak lagi,” ujarnya.

Sumber : Detik.com

One thought on “Menjadi Viral di Media Sosial, Jalan Berlubang di Provinsi Lampung Diperbaiki secara tiba-tiba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *