Tebing Koja Cisoka, Bekas Tempat Penambangan Jadi Lokasi Wisata

Tangerang, JURNAL TIPIKORDalam suasana lebaran, masyarakat selain melakukan aktifitas pulang kampung, sebagian orang pergi berekreasi ke tempat wisata. Mereka biasanya memanfaatkan momen liburan untuk membahagiakan diri mengisi momen lebaran tersebut. Apalagi bagi mereka yang jenuh dengan aktifitas pekerjaannya.

Katakanlah bagi masyarakat Kabupaten Tangerang, Banten, khususnya yang berada di sekitar Panongan, Tigaraksa, Balaraja, dan Cisoka. Mereka memilih tempat yang indah apalagi apabila di tempat tersebut bisa untuk berfoto. Salah satu tempat yang indah itu ada di Cisoka.

Di Cisoka ini ada tempat bernama Tebing Koja. Di tempat ini sebetulnya hanya tempat biasa saja, tidak lebih dari tebing-tebing batu Cadas namun unik sekali. Cukup lumayan apa bila berwisata disini.

Satreskrim Polres Serang Lakukan Olah TKP Penemuan Bayi Dalam Kardus

Di hari biasa, banyak orang yang menjadikan tempat ini untuk melakukan aktifitas berfoto prewedding dari kedua calon mempelai. Disana ada sebuah batu cadas yang berlubang. Ini dikenal Batu Bolong. Di lokasi ini, banyak orang yang berfoto secara khusus dan apabila bisa memotonya, hasilnya seperti batu bolong. Padahal hanya sebuah area gundukan batu cadas yang berlubang.

Konon, menurut masyarakat setempat, lokasi ini bekas galian pasir. Padahal di lokasi ini belum ada jalur untuk mobil truk dan peralatan berat. Jadi, menurut pengamatan lokasi batu bolong ini hanya bisa dimasuki oleh orang dengan peralatan manual. Lubang hasil galian manual ini bentuknya khas, kadang ada yang berbentuk cekungan ke samping.

Menurut Sukarna, warga setempat, ditengarai bahwa di dalam area batu cadas tersebut, ada minimal-mineral tertentu seperti emas, kaolin dan kapur. Batu cadas apabila dihancurkan, memang menjadi mirip pasir. Berhubung pengangkutan cukup jauh, jadi pasir-pasir dan bongkahan cadas itu harus dibawa dengan karung. Karena batu cadas ini kekuning-kuningan, kemungkinan dulunya mengandung emas. Jadi para penambang pasir batu cadas tersebut dulunya kemungkinan mencari emas.

Berdasarkan Lembaga Survei, Prabowo Memiliki Elektabilitas Tertinggi Dibanding Ganjar dan Anis

Entah mereka mendapat emas atau tidaknya, itu persoalan lain. Memang tidak banyak area yang dirusak, hanya disekitar batu bolong. Mungkin para penambang hanya berusaha mencari sesuatu yang bernilai. Kini sisa penambangan tersebut menjadi lokasi untuk berfoto. Lokasi ini disebut Tebing Koja, Cisoka, Tangerang.

(JT-02)

One thought on “Tebing Koja Cisoka, Bekas Tempat Penambangan Jadi Lokasi Wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *