Penutupan Panen Raya Pembudidaya Ikan Go Digital

Sukabumi, Jurnaltipikor.com,-Penutupan Program pembudidaya ikan Go Digital berlangsung di Gedung Pangrango Hotel Augusta Jln. Raya Cikukulu No.72 Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (03/10/2024).

Acara tersebut dihadiri Wakil Menteri Kominfo RI Nezar Patria, Asisten Bidang Ekbang Kab. Sukabumi Ir. Bambang Widyantoro, Direktur Ekonomi Digital Kominfo RI Bonifasius Wahyu Pudjianto, Plh. Kepala BBPBAT Sukabumi Muhammad Nurdin, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sukabumi Nunung Nurhayati, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sukabumi Mubtadi Latif, serta para pembudidaya dan tamu undangan lainnya.

Head of regulatory and goverment affairs eFishery Luciana Dita Chandra mengatakan, kegiatan siang ini, menunjukkan komitmen kita bersama dalam upaya mendukung percepatan pengembangan perikanan budidaya dari hulu hingga hilir serta adopsi pemanfaatan teknologi dalam usaha budidaya perikanan yang berkelanjutan.

“Kami, eFishery, sejak 2013 telah mengembangkan ekosistem holistik untuk pengembangan perikanan budidaya dengan tujuan besar adalah untuk meningkatkan produktivitas serta meningkatkan adopsi teknologi di sektor akuakultur”, ungkapnya.

Baca juga Meriah, Perayaan HUT Desa Sukadamai Ke-19

Lanjut Luciana, Program Pembudidaya Ikan Go Digital yang di inisiasikan oleh Direktorat Ekonomi Digital Kominfo, menjadi upaya strategis bersama untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas budidaya serta produk perikanan di Kabupaten Sukabumi dan Pasuruan agar dapat bersaing di pasar lokal hingga internasional. Selama 1 siklus budidaya, kami menjangkau total 60 Pembudidaya Penerima Manfaat dari Kabupaten Sukabumi dan Pasuruan dengan pemberian bantuan sewa untuk utilisasi eFeeder sebanyak 60 Unit.

Melalui implementasi program ini, seluruh pihak tentu memiliki tujuan yang sama yaitu untuk peningkatan kesejahteraan bagi pembudidaya serta peningkatan adopsi teknologi melalui pendampingan pengembangan budidaya yang baik.

“Kami, eFishery, turut memberikan layanan dan jasa selama implementasi program dari hulu, pendampingan dan edukasi budidaya serta proses usaha di hilir bagi Pembudidaya Penerima Manfaat”,tegasnya

Luciana menambahkan, selama 1 siklus budidaya, Pembudidaya Mitra eFishery Penerima Manfaat Program Direktorat Ekonomi Digital Kominfo telah menghasilkan dampak yang signifikan dalam proses usaha budidaya melalui pemanfaatan teknologi. Hal ini sangat tergambar pada perhitungan dampak yang telah kami lakukan. Pada aspek budidaya, Feed Conversion Ratio (FCR) menjadi lebih efisien dari 1:25 menjadi 1:10. Survival Rate (SR) mitra pembudidaya meningkat cukup signifikasi dari 91% menjadi 95%. Disisi lain, efektivitas serta efisiensi yang dihasilkan pada aspek budidaya juga mempengaruhi dampak.

Baca juga Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Monitoring Proyek Pembangunan Rehab Ruang Kelas Di SMPN 3 Cikidang

Luciana pun berharap, dengan dampak baik yang dihasilkan melalui program ini, kedepan dalam jangka panjang dengan dukungan Pemerintah Kabupaten dapat terus dilakukan dan menyasar lebih besar jumlah pembudidaya

“Kami eFishery mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk dukungan dalam kegiatan pada siang hari ini. Semoga, kegiatan yang telah dilaksanakan ini dapat memberikan dampak yang baik dan dapat memberikan manfaat bagi kita semua”,pungkasnya.

(Rama)

One thought on “Penutupan Panen Raya Pembudidaya Ikan Go Digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *