Jelang Pilkada Serentak tahun 2024, FKDM Kota Bandung bersama Bakesbangpol Kota Bandung Menggelar Rakor Internal

Bandung, JURNAL TIPIKOR – Forum kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Bandung menggelar rapat koordinasi (Rakor) dalam rangka penguatan keorganisasian menjelang pilkada serentak tahun 2024, di kantor Sekretariatnya Jl. Terusan Jakarta No 188, Antapani Kota Bamdung, Jumat (23/8/2024).

Dalam Rakor tersebut sekaligus peresmian kantor FKDM Kota Bandung yang baru dimana sebelumnya di Jl. Lodaya No 2 Bandung

Acara yang bertemakan “Peran FKDM sebagai Mitra Strategis Bakesbangpol Kota Bandung dalam menghadapi Pilkada Serentak tahun 2024”, di ikuti sangat santusias oleh seluruh pengurus baik FKDM Tingkat Kota maupun FKDM tingkat Kecamatan se-Kota Bandung.

Tampak hadir dalam Rakor tersebut Kepala Bakesbangpol Kota Bandung, Drs. Bambang Sukardi, M.Si, Drs Tatang Hamdani, M.PA Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik , jajaran Pengurus FKDM Kecamatan Se-Kota Bandung serta perwakilan dari Kecamatan Antapani.

Baca Juga PJ Bupati Kabupaten Wajo Buka Festival Danau Tempe

Dalam Sambutannya, Ketua FKDM Kota Bandung Kombes. Pol.(Purn) Hamsyin Rivai, SH., M.H, mengatakan, Alhamdulilah Kami dari Jajaran Pengurus FKDM Kota Bandung mengucapkan terima kasih kepada Kepala Bakesbangpol Kota Bandung beserta jajaran, serta para Korcam FKDM se Kota Bandung yang telah hadir di acara Rakor sekaligus Tasyakur Binimah atas peresmian kantor baru FKDM Kota Bandung, tuturnya.

Lebih lanjut Hamsyin mengatakan, acara rakor ini merupakan pertemuan untuk kali pertama dengan FKDM Kecamatan se Kota Bandung, semoga seluruh FKDM Kota bandung selalu diberikan kesehatan dan kelancaran dalam menjalankan tugasnya

“Pertemuan ini bertujuan untuk membangun komunikasi dan koordinasi yang baik untuk kedepannya antara FKDM Kota Bandung dengan FKDM Kecamatan se-Kota Bandung selain untuk mengemban amanat yang dipercayakan dari Pj Walikota Bandung melalui Bakesbangpol Kota bandung kepada kita semuanya, tegasnya

Baca Juga Sat Lantas Polres Wajo Amankan Pelaku Curanmor Saat Lakukan Pendampingan Penindakan Pelanggaran Lalin

Sedangkan Kepala Bakesbangpol Bambang Sukardi dalam sambutanya  menyampaikan, Fkdm Sebagai Mitra Strategis Bakesbangpol Kota Bandung Dalam Menghadapi Pilkada Serentak Tahun 2024” Dan Semoga Kita Selalu Dalam Keadaan Sehat Wal Afiat Amin Yra. Semoga Pertemuan Ini Dapat Menjadi Sarana Konsolidasi Bagi Seluruh Anggota Fkdm Tingkat Kota Bandung Dan Tingkat Fdkm Kecamatan Guna Dalam Rangka Meningkatkan Upaya Deteksi Dini, Menjaga Kondusifitas Wilayah Yang Lebih Baik Lagi. Bagaimana Pun Juga Upaya Ini Penting Dilakukan Demi Menunjang Kelangsungan Pembangunan Yang Ber[1]Keadilan Dan Ber-Kesinambungan, Dalam Rangka Mewujud-Kan Bandung Sebagai Kota Juara Yang Kondusif, ujarnya

Suasana Rapat Koordinasi FKDM Kota bandung bersama Bakesbangpol Kota Bandung, Jumat (23/8/2024)

lebih lanjut Bambang mengatakan,

Sesuai Dengan Amanat Permendagri No. 46 Tahun 2019 Peran Utama Fkdm Sebagai Mitra Strategis Bakesbangpol Kota Bandung Antara Lain :

1. Deteksi Dini Dan Informasi : Fkdm Berperan Dalam Mengumpulkan, Mengolah, Dan Menyampaikan Informasi Terkait Potensi Ancaman Atau Gangguan Di Lingkungan 5 Masyarakat. Informasi Ini Dapat Mencakup Isu-Isu Sosial, Politik, Ekonomi, Dan Keamanan.

2. Kerjasama Dengan Aparat Keamanan : Fkdm Bekerja Sama Dengan Aparat Keamanan, Seperti Kepolisian Dan Tni, Dalam Mengidentifikasi Dan Menanggulangi Potensi Ancaman. Forum Ini Dapat Berfungsi Sebagai Penghubung Antara Masyarakat Dan Aparat Keamanan.

3. Edukasi Dan Sosialisasi : Fkdm Berperan Dalam Memberikan Edukasi Dan Sosialisasi Kepada Masyarakat Tentang Pentingnya Kewaspadaan Dini Serta Cara-Cara Yang Dapat Dilakukan Untuk Mendeteksi Dan Mengatasi Potensi Ancaman. 6

4. Peningkatan Kesadaran: Dengan Adanya Fkdm, Masyarakat Diharapkan Lebih Sadar Akan Situasi Dan Kondisi Di Lingkungan Mereka Sehingga Dapat Lebih Responsif Terhadap Isu-Isu Yang Mungkin Timbul.

5. Pencegahan Konflik : Fkdm Membantu Dalam Mencegah Terjadinya Konflik Sosial Dengan Mengidentifikasi Potensi-Potensi Konflik Dan Mengambil Langkah[1]Langkah Pencegahan Yang Diperlukan.

6. Koordinasi Antar Komunitas : Fkdm Berfungsi Sebagai Platform Koordinasi Antara Berbagai Komunitas Atau Kelompok Masyarakat Untuk Bersama-Sama Menjaga Keamanan Dan Ketertiban Di Lingkungan Mereka.

7 Dengan Adanya Fkdm, Diharapkan Masyarakat Dapat Lebih Proaktif Dalam Menjaga Keamanan Dan Ketertiban Lingkungan Mereka, Serta Dapat Bekerja Sama Dengan Aparat Keamanan Dalam Mencegah Dan Menanggulangi Berbagai Ancaman Yang Ada,

Pantauan di acara Rakor FKDM Kota Bandung,  Acara dilanjutkan dengan pemberian materi yang disampaikan oleh Drs Tatang Hamdani, M.PA Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik serta  Melchias US, Ketua Bidang Sosial dan Budaya FKDM Kota Bandung, (AZ))

3 thoughts on “Jelang Pilkada Serentak tahun 2024, FKDM Kota Bandung bersama Bakesbangpol Kota Bandung Menggelar Rakor Internal

  1. Hello Neat post Theres an issue together with your site in internet explorer would check this IE still is the marketplace chief and a large element of other folks will leave out your magnificent writing due to this problem

  2. Your writing is not only informative but also incredibly inspiring. You have a knack for sparking curiosity and encouraging critical thinking. Thank you for being such a positive influence!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *