Jelang Pilkada Serentak 2024, Kota Bandung Gelorakan Deklarasi Damai

JURNAL TIPIKOR — Jelang pelaksanaan Pilwakot Kota Bandung yang akan digelar pada tanggal 27 Nopember 2024, Pemerintah Kota Bandung melalui Badan Kesatuan, kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) Bandung menggelar acara Deklarasi Damai  Pilkada Serentak Kota Bandung 2024, Senin ( 12/8/2024).

Dalam sambutannya, Penjabat Walikota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengatakan, Pilkada di Kota Bandung tinggal menghitung hari, sekitar 105 hari ke depan. Tentunya kita harus juga berkaca Pemilu bulan Februari lalu, bisa selenggarakan damai dan kondusif,” tuturnya

Lebih lanjut Bambang menyampaikan, angka partisipasi pemilu pada Pilpres lalu mencapai 82,9 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) sekitar 1.871.381 pemilih.

“Tentunya pada Pilkada serentak nanti akan lebih dioptimalkan untuk angka partisipasi dengan target di atas 90 persen, dengan penambahan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 23 persen atau sekitar 436.000 yang semuanya adalah pemilih pemula,” katanya.

PJ Walikota Bandung saat menyampaikan sambutannya pada acara Deklarasi Damai Piljada serentak Kota Bandung 2024

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada jajaran Forkopimda, ormas hingga stakeholder yang tengah berkomitmen untuk menyukseskan pemilu.

“Kesuksesan pilkada serentak tidak terlepas dari peran dan komitmen semua stakeholders, mulai dari penyelenggara pemilu, partai politik, Forkopimda, civil society, dan tentunya warga sebagai aktor utama demokrasi kita,” bebernya.

Bambang menuturkan, deklarasi ini bukan seremonial dan formalitas, tapi pengikat untuk mewujudkan pilkada serentak yang demokratis, jurdil, aman dan kondusif, serta berkualitas.

“Berkualitas di sini mengandung makna semua proses pemilu dijalankan sesuai prosedur dan transparan, sehingga hasil pemilu diterima oleh semua pihak dan memiliki tingkat kepercayaan publik dan otomatis pemimpin yang dihasilkan pun memiliki legitimasi yang kuat dari rakyat,” ungkapnya.

Kepala Bakesbanpol Kota Bandung, Drs. H.Bambang Sukardi, M.Si

Di tempat yang sama, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bandung, Bambang Sukardi menyampaikan, melalui deklarasi ini berkomitmen bersama untuk menjaga keamanan, ketertiban dan kedamaian di Kota Bandung selama pelaksanaan Pilkada.

“Dengan menjaga kondusifitas, kita tidak hanya mendukung terciptanya suasana yang aman dan damai, tetapi juga turut serta dalam upaya mencapai tujuan jangka panjang Kota Bandung sebagai kota yang maju dan berkelanjutan,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, maksud dan tujuan deklarasi tersebut mewujudkan iklim politik dalam negeri dan kehidupan demokrasi yang kondusif di Kota Bandung dalam menunjang visi pembangunan nasional beriringan dengan visi Kota Bandung yang Unggul, Nyaman, Sejahtera, dan Agamis.

“Tujuan adalah menyatukan komitmen semua pihak terkait dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pilkada berlangsung,” kata Bambang.

Pelaksanaan kegiatan deklarasi damai pilkada serentak tahun 2024 tingkat Kota Bandung diikuti sebanyak 760 peserta, berasal dari Kepala OPD, camat, lurah, Kapolsek, Danramil se Kota Bandung, ketua dan pengurus partai politik.

Penandatangan Deklarasi Damai oleh PJ Walikota Bandung

Selain itu, hadir juga, Badan Adhoc KPU, Bawaslu se Kota Bandung , organisasi dan komunitas dan perwakilan pelajar SMA dan SMK di Kota Bandung.
Berikut Deklarasi Damai Pilkada serentak 2024 :

1. Melaksanakan penyelenggaraan Pilkada Tahun 2024 yang langsung, umum, bebas rahasia, jujur dan adil.

2. Menjaga kondusifitas Pilkada tahun 2024 agar berlangsung aman, tenang, damai dan bahagia sesuai dengan peraturan Perundang – undangan yang berlaku.

3. ⁠menolak segala bentuk penyebaran berita hoaks, ujaran kebencian, politik uang, politisasi agama dan etnis.(Azi)

2 thoughts on “Jelang Pilkada Serentak 2024, Kota Bandung Gelorakan Deklarasi Damai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *