Dakwah Zakat PD IPHI Kabupaten Sukabumi Dan Pelatihan Bimbingan Manasik Haji Tahun 2024 Digelar Dilapang Desa Sukadamai

Sukabumi, JURNAL TIPIKOR,-Kegiatan dakwah zakat Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PD IPHI) Kabupaten Sukabumi dan Pelatihan Bimbingan Manasik Haji Tahun 2024 digelar di lapang sepakbola Desa Sukadamai Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi pada Senin, (22/07/2024).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Sukabumi Drs.H.Iyos Somantri, M.Si.,Kasi Penyelenggara Haji Kemenag Kabupaten Sukabumi H.Abdul Manan, S.Kom.,M.Si., Ketua Umum PD IPHI yang diwakili Sekretaris H.Abdul Manan, S.Kom., M.Si., Bendahara Umum PD IPHI Kabupaten Sukabumi H.Usep Saepullah Ruhiyat, S.Ag., M.H., Ketua MUI Kecamatan Cicantayan,Ketua KUA Kecamatan Cicantayan Yudi Haryadi, S.Ag., M.Si., Kepala Desa Sukadamai Rudi Hartono, S.Pd., Ketua BPD Desa Sukadamai Drs.A.Saepudin, M.MPd., Babinsa Sertu Dicardo, Bhabinkamtibmas Bripka Mukti, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama Dan Peserta Pelatihan.

Baca juga  Wakapolda Jabar Hadiri Pembukaan dan Penutupan Perlombaan Tradisional Dalam memperingati HUT Ke-78 Kodam III/Siliwangi

Wakil Bupati Sukabumi Drs.H.Iyos Somantri, M.Si., mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan yang mengedukasi masyarakat supaya memahami bagaimana tatacara melaksanakan Haji yang sesungguhnya sehingga sebelum diterapkan bisa memahaminya dengan baik.

“Ini kegiatan luar biasa, dapat mengedukasi masyarakat untuk menjadi paham bagaimana tatacara pelaksanaan Haji. sehingga nantinya pada saat pelaksanaan Haji yang sesungguhnya para peserta Haji sudah tatacaranya”, ungkapnya.

Iyos pun berharap, semoga kedepannya ini akan menjadi cikal bakal lahirnya Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Dan Umroh (KBIHU) yang baru, dan dapat mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang agamis.

Baca juga Waka Polres dan Dua Kasat Polres Inhu Dimutasi, Ini Penggantinya

Dilokasi yang sama Kepala Desa Sukadamai Rudi Hartono, S. Pd., menyampaikan, kegiatan ini diikuti oleh dua kecamatan yaitu kecamatan Cicantayan dan kecamatan cikembar, ada sekitar 1000 peserta yang mengikuti kegiatan dan didominasi oleh perempuan sekitar 70%.

“Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar dan masyarakat sangat antusias, dimana kegiatan ini di ikuti sekitar 1000 peserta dari dua kecamatan yaitu kecamatan Cicantayan dan cikembar dimana yang 70% nya didominasi perempuan”, ungkapnya.

Lanjut Rudi, kegiatan ini merupakan salah satu program Desa Sukadamai yang di inisiasi oleh kelembagaan yang ada di Desa Sukadamai. Kegiatan inipun bertujuan sebagai ajang silaturahim antara aparatur pemerintahan desa, pemerintah daerah dan stakeholder. Terutama, bagi para alim ulama dapat memberikan pemahaman kepada masayarakat dalam bidang keagamaan khususnya pada keilmuan manasik Haji.

“Saya selalu Kepala Desa Sukadamai mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh Stakeholder yang terlibat dalam mengsukseskan acara ini sehingga dapat berjalan lancar. Kegiatan ini InsyaAllah akan berjalan continue dan mudah-mudahan ditahun 2025 Desa Sukadamai dapat mendirikan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU)”, pungkasnya.(Rama)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *