PKBM Perintis Berkomitmen Ciptakan Generasi Yang Cerdas Dan Tangguh

Sukabumi, jurnaltipikor.com,- Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan sebuah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat dan untuk masyarakat yang bergerak dalam bidang pendidikan non formal.

PKBM ini berada dibawah pengawasan dan bimbingan dari Dinas Pendidikan Nasional sebagai salah satu satuan Pendidikan Non Formal (PNF), dimana PKBM diharapkan mampuh menjadi wadah bagi kegiatan masyarakat untuk lebih meningkatkan potensi diri dan juga keterampilan.

Salah satunya ialah PKBM perintis yang beralamat di Jln. Ciambar, Desa Ginanjar, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi yang telah ikut andil dalam mewujudkan apa yang menjadi tujuan dihadirkannya satuan Pendidikan Non Formal (PNF) yaitu meningkatkan pengetahuan, sikap mental dan mempunyai keterampilan. Sehingga, lulusan-lulusan dari PKBM Perintis bisa melanjutkan Pendidikan ke Universitas serta mampuh bersaing dan mencari nafkah secara mandiri setelah lulus.

“PKBM itu merupakan salah satu mitra kerja pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat melalui program-program yang ada disatuan Pendidikan Non Formal”, Ucap Owin Sapiudin, S. Ag., M.M., kepada awak media di ruang kerjanya,Minggu(23/06/2024).

Baca juga KPK Geledah tiga rumah terkait dugaan Kasus Korupsi di PT. PGN

Lanjut Owin, disini kami memberikan kesempatan kepada masyarakat yang tidak dapat melanjutkan pendidikan formal seperti anak-anak yang putus sekolah, orang dewasa yang masih buta huruf dan juga masyarakat yang ingin meningkatkan keterampilannya.

“Banyak lulusan dari PKBM Perintis ini yang melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi yaitu masuk universitas dan banyak pula yang setelah lulus bisa memasuki dunia kerja sehingga bisa mencari nafkah secara mandiri”, Ungkapnya.

Sebagai Kepala Sekolah PKBM Perintis, Owin akan selalu berkomitmen untuk menciptakan generasi yang cerdas dan tangguh sesuai amanat Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 Ayat 1 dan 2 yaitu (1) setiap warga negara berhak mendapat Pendidikan dan, (2) setiap warga negara wajib mengikuti Pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya. Dimana untuk mendapatkan kecerdasan dan ketangguhan yaitu melalui proses Pendidikan.

Baca juga Kapolri : Polri Telah Melakukan Asistensi terkait Kasus Pembunuhan Vina

“Saya akan selalu berkontribusi untuk bangsa melalui dunia Pendidikan yaitu ikut serta mencerdaskan anak bangsa dan juga membuatnya tangguh dalam menjalani kehidupan, sehingga mereka bisa untuk menghidupi dirinya, keluarganya bahkan orang lain. Sederhananya, mereka mampuh untuk menjadi manusia yang bisa bermanfaat bagi dirinya, keluarganya dan masyarakat”, pungkasnya.

(Rama)

One thought on “PKBM Perintis Berkomitmen Ciptakan Generasi Yang Cerdas Dan Tangguh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *