DPRD Wajo Terima Aspirasi Solidaritas Pemuda Wajo Terkait Relokasi RSUD Siwa Akibat Banjir Berulang

Wajo, JURNAL TIPIKOR – Banjir berulang yang melanda Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siwa di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, menjadi sorotan Solidaritas Pemuda Wajo Bela Rakyat. Kelompok ini mendesak relokasi RSUD Siwa ke tempat yang lebih aman untuk kelancaran pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Aspirasi tersebut disampaikan pada Rabu, 19 Juni 2024, kepada penerima aspirasi, Ir Junaidi Muhammad. Ardi, selaku Koordinator Solidaritas Pemuda Wajo Bela Rakyat, menjelaskan bahwa keberadaan RSUD Siwa di Kelurahan Siwa, Kecamatan Pitumpanua, tidak lagi ideal karena daerah tersebut rawan banjir.

“Setiap kali banjir, RSUD Siwa harus dievakuasi karena terendam air. Hal ini mengakibatkan terganggunya pelayanan kesehatan dan kerugian besar karena alat kesehatan bernilai tinggi, berkas administrasi, dan pasien harus diselamatkan,” ungkap Ardi.

Baca juga Polri Gelar Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan dalam Rangka 30 Tahun Pengabdian AKABRI 1994

Lebih lanjut, Ardi menyampaikan bahwa sebenarnya Kementerian Kesehatan telah menyiapkan anggaran APBN untuk relokasi RSUD Siwa. Namun, relokasi tersebut belum disetujui oleh Pj. Bupati Wajo karena masih memerlukan studi kelayakan dan terkendala minimnya anggaran dari Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo.

Menanggapi aspirasi tersebut, Junaidi Muhammad menyambut baik dan menyatakan komitmennya untuk menindaklanjuti. Ia akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti bagian aset Pemda Wajo, untuk memastikan status lahan relokasi yang diusulkan di daerah Buriko Siwa.

“Kami akan mengundang bagian Aset, perencanaan, dan Direktur RSUD Siwa untuk membahas hal ini lebih lanjut. Selain mengandalkan Kementerian Kesehatan, kami juga akan berupaya melibatkan beberapa Anggota DPR RI untuk membantu memperjuangkan anggaran APBN pembangunan RSUD Siwa,” jelas Junaidi.

Baca juga Akibat tidak Mengusung Kader Terbaiknya di Pilwakot Kota Cimahi, Ini Reaksi Kader

Junaidi juga meminta Solidaritas Pemuda Wajo Bela Rakyat untuk bersabar dan memberikan kepercayaan kepada DPRD Wajo dalam memperjuangkan relokasi RSUD Siwa. Ia berjanji akan melaporkan aspirasi ini kepada Ketua DPRD Wajo dan mengundang perwakilan Solidaritas Pemuda Wajo Bela Rakyat dalam rapat tindak lanjut.

(Ikbal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *