Firli Bahuri Menuduh Irjen Pol Karyoto telah Mengancam Sejumlah Pimpinan KPK Demi Melindungi tersangka kasus Korupsi bernama “Muhammad Suryo”

JURNAL TIPIKOR – Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri berkicau tentang dugaan pengancaman oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto dalam kasus korupsi di DJKA. Diungkap dalam sidang praperadilan, Firli menuding Karyoto telah mengancam sejumlah Pimpinan KPK diduga demi melindungi salah satu tersangka korupsi, Muhammad Suryo.

Tak pelak aksi “perang bintang” ala Firli dan Karyoto ini menuai sorotan banyak pihak. Apalagi karena Karyoto dan Firli sebelumnya dikenal sebagai rekan sejawat sebelum berkonflik seperti sekarang.

Firli Bahuri dan Karyoto Teman Seangkatan

Untuk diketahui, Firli dan Karyoto adalah sesama lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1990. Hanya saja karier Firli bisa dibilang menanjak lebih cepat hingga membuatnya sudah mendapat gelar Komisaris Jenderal alias jenderal polisi bintang tiga ketimbang Karyoto yang masih menyandang dua bintang.

Baca jug KAPOLDA KEPRI TINJAU POS PAM OPS LILIN SELIGI 2023

Setelah lulus dari Akpol, Karyoto dan Firli mulai mengembangkan karier masing-masing di bidang yang sama, yakni Reserse.

Karyoto diketahui pernah menjabat di sejumlah posisi strategis, seperti menjadi Dirreskrimum Polda DI Yogyakarta (2014), kemudian Direktur Analis Pemutus Jaringan Internasional BNN (2016), Wakapolda DI Yogyakarta (2019), Deputi Penindakan KPK (2020), hingga kini ditunjuk menjadi Kapolda Metro Jaya (2023).

Sementara itu Firli pernah menjabat sebagai ajudan Wakil Presiden Boediono, Kapolda Banten, Kapolda Nusa Tenggara Barat, Deputi Penindakan KPK, Kapolda Sumatera Selatan, Kabaharkam Polri, hingga akhirnya menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023.

Baca juga Capres Ganjar Pranowo Tanggapi Kecurigaan Roy Suryo terkait Penggunaan Tiga Mikrofon oleh calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka saat Debat lalu

Firli Bahuri dan Karyoto Rekan Sejawat di KPK

Sebelum saling tuding seperti sekarang, Firli dan Karyoto diketahui pernah bekerja di satu instansi yang sama, yakni KPK.

Ketika Firli Bahuri menjadi pucuk pimpinan KPK, Karyoto diangkat menjadi Deputi Penindakan di lembaga antirasuah tersebut. Terdapat sejumlah kasus besar yang ditangani kala mereka berkolaborasi di KPK, seperti korupsi izin ekspor benih lobster yang menyeret eks Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo.

Namun kini rekam jejak mereka sebagai teman seangkatan hingga pernah bekerja di satu lembaga yang sama berujung dengan “perang bintang”. Nama pengusaha asal Yogyakarta, Muhammad Suryo, disebut-sebut menjadi penyebab Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto diduga nekat mengancam Pimpinan KPK.

“Lagi-lagi Kapolda Metro Jaya mendatangi Nawawi Pomolango dan menyampaikan kata-kata, ‘jangan mentersangkakan Suryo kalo Suryo ditersangkakan, maka Pak Ketua akan ditersangkakan.’ Hal ini disampaikan oleh Nawawi Pomolango ke Alexander Marwata,” ujar kuasa hukum Firli, Ian Iskandar, pada Rabu (13/12/2023).

(Suara.com)

3 thoughts on “Firli Bahuri Menuduh Irjen Pol Karyoto telah Mengancam Sejumlah Pimpinan KPK Demi Melindungi tersangka kasus Korupsi bernama “Muhammad Suryo”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *