Charta Politika Indonesia : Pencawapresan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024 sebenarnya berawal dari wacana Jokowi 3 periode.

JAKARTA, Jurnaltipikor.com--Munculnya nama Walikota Solo Gibran Rakabukkng Raka menjadi sorotan publik saat ini.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya mengatakan pencawapresan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024 sebenarnya berawal dari wacana Jokowi 3 periode.

Namun wacana perpanjangan 3 periode Jokowi itu, kata Yunato, ditolak publik dan muncullah endorsment Jokowi ke sejumlah calon hingga berujung ke anaknya sendiri Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga Peringatan Hari Santri 2023,Bupati Sukabumi “Santri Adalah Pejuang Ilmu Pengetahuan”

“Dimulai dari 3 Periode, perpanjangan periode, ditolak publik, lalu muncul-lah endorsement ke Ganjar, lalu juga ke Prabowo, berujung ke anaknya sendiri….” kata Yunarti di akun X (Twitter) nya, @yunartowijaya, Sabtu (21/10/2023).

Ini memang bukan ttg memilih Ganjar atau Prabowo, ini ttg mencari formula agar dirinya tetap berkuasa…,” ujar Yunarto.

Sebelumnya Yunarto mencuit logika aneh Jokowi yang sepertinya mendukung Prabowo di Pilpres, seakan-akan membohongi pemilihnya di Pilpres 2014.

“Banyak yang 2014 milih @jokowi karena takut ORBA berkuasa kembali lewat sosok Prabowo… Sekarang jokowinya milih prabowo, dan anaknya dimasukkan Golkar… Paripurna..,” kata Yunarto.

Baca juga

Deklarasi Gabungan Pergerakan Pemenangan Ganjar Pranowo Provinsi Riau, Fokus Pemenangan Ganjar Di Riau

Sementara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tidak banyak berkomentar mengenai tudingan bahwa keluarganya melanggengkan dinasti politik, menyusul putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan sebagian gugatan uji materi soal usia capres dan cawapres.

Dengan adanya putusan tersebut, Gibran berpotensi melaju pada Pilpres 2024.

Terlebih, kini Gibran didukung parpol anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) menjadi bakal calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto.

Gibran pun menyerahkan penilaian tersebut kepada warga. “Biar warga yang menilai, ya. Terima kasih,” kata Gibran singkat saat ditemui di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat
(21/10/2023) malam
Gibran juga tidak berbicara banyak mengenai namanya yang disebut-sebut berpotensi menjadi bakal cawapres. Ia meminta masyarakat menunggu kejutan-kejutan selanjutnya.

“Ada kejutan-kejutan berikutnya, ditunggu saja. Terima kasih untuk doanya, terima kasih sudah datang ke acara ini,” ucap dia.

Baca juga Sinergisitas para Orang Tua Siswa dengan Komite Sekolah SMAN 12 Bandung untuk Terciptanya Sekolah Yang UNGGUL dan BERKUALITAS

“Pokoknya dibawa santai saja, tunggu minggu depan,” imbuh Gibran.

Gibran pun berharap Pilpres tahun depan berjalan aman dan damai, tidak perlu ada pertengkaran di dunia nyata maupun dunia maya.

“Pokoknya kita pengin Pilpres nanti semuanya aman dan damai, itu yang paling penting. Enggak boleh ada yang berantem, apalagi berantem di medsos,” tutur Gibran.

Sebagai informasi, nama Gibran Rakabuming Raka makin santer terdengar usai Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan perkara nomor 90/PUU-XXI/2023 terkait usia minimal capres dan cawapres dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, Senin (16/10/2023).

Mahkamah membolehkan seseorang yang belum berusia 40 tahun mencalonkan diri sebagai presiden atau wakil presiden selama berpengalaman menjadi kepala daerah atau jabatan lain yang dipilih melalui pemilihan umum.

Saat ini, hanya Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang belum mengumumkan nama bakal calon wakil presiden.

Nama bacawapres pun makin mengerucut ke putra sulung Presiden Jokowi tersebut.

Gibran telah secara resmi dideklarasilkan Partai Golkar sebagai cawapres pendamping Prabowo Subianto di rapimnas Golkar.

Baca juga PT. GLP Labura Berikan Bantuan CSR Ke Desa Sukarame

Gibran lalu melakukan kunjungan ke beberapa ketua umum partai anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Gibran bertemu dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra.

Setelah sowan kepada para ketum partai, putra sulung Presiden Jokowi itu menyempatkan diri datang ke Tugu Proklamasi untuk menyapa warga yang telah menunggunya dan mendeklarasikan diri sebagai pendukung.(*)

 

One thought on “Charta Politika Indonesia : Pencawapresan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024 sebenarnya berawal dari wacana Jokowi 3 periode.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *