Koordinator Corong Jabar : Masalah Pendidikan dan Kesehatan harus jadi Skala Prioritas bagi PJ Gubernur Jawa Barat

Bandung, Jurnaltipikor.com | Provinsi jawa Barat merupakan Provinsi yang terpadat penduduknya di indonesia Selain itu secara geografis provinsi yang berdampingan dengan ibu Kota Negara seharusnya Jawa Barat baik bidang pendidikan maupun kesehatan tidak seharusnya tertinggal dibanding provinsi lainnya.

Persoalan tersebut harus menjadi skala prioritas bagi PJ Gubernur yang baru saja dilantik maupun Gubernur yang terpilih nanti di Pilgub Jabar tahanu 2024 Tutur Kang Iyus kepada Jurnal tipikor, Rabu (6/9/2023)

Suatu fakta ketika PPDB sistim Zonasi pemberlakuan permendikbud no 1 tahun 2021 banyak masalah dan kericuhan masyarakat anak didik tidak bisa masuk SMA negeri , ini terjadi dimana2 termasuk jawa barat . Dari data kemdikbud tahun 2022 jumlah SMP Negeri dan swasta di jawa barat berjumlah 5.825 sekolah sedangkan penyediaan jumlah SMA negeri dijawa barat 1.711 sekolah , terlihat jelas ketidak seimbangan ini harus disikapi serius dan menjadi tanggung jawab gubernur . Demikian juga dari data 2022 prevalensi stunting jawa barat ada di posisi 13 tertinggi di provinsi seindonesia 20.2% walau data tahun 2023 jawa barat ada penurunan 4,3%

Baca juga Terkesan Tak Transparan, Bandung Heritage Pertanyakan Izin Proyek Flyover Ciroyom

Menurut Koordinator Corong Jabar Yusuf Sumpena ( Kang Iyus ) Hal ini sangat ironis sekali provinsi  jawa barat berdampingan dengan ibu Kota Negara yang seharusnya tidak tertinggal oleh provinsi lain yang jauh dari ibu kota Negara .

Kaitan kesehatan usia dini dan pendidikan itu sangat berpengaruh ,Kecerdasan sumberdaya manusia diawali sejak dini ,pengetahuan generasi muda harus ditingkatkan dengan memberikan fasilitas atau sarana pendidikan tingkat menengah.

Keberhasilan sebagai kepala daerah bukan diukur dari kegiatan ceremonial atau kemewahan dipusat kota tapi ukurannya dari pemerataan disemua sektor . Kepala daerah / Gubernur harus sering berkunjung ke pelosok2 wilayah dan harus sering blusukan sehingga tau permasalahan masyarakat dan wilayahnya jangan hanya senang duduk dibelakang dimeja .

JT-Jabar

One thought on “Koordinator Corong Jabar : Masalah Pendidikan dan Kesehatan harus jadi Skala Prioritas bagi PJ Gubernur Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *