Inilah beberapa faktor Penyebab Hamil di Luar Nikah

JURNAL TIPIKOR.COM–Di Indonesia, semakin banyak berita yang mengabarkan anak mudah hamil di luar nikah yang dapat terjadi karena beberapa faktor. Untuk itu, perlu diketahui penyebab hamil di luar nikah agar dapat dicegah dan tidak terjadi kepada anak muda, terutama yang masih sekolah.

Kehamilan di luar nikah dapat terjadi yang memiliki alasan berkaitan dengan norma atau moral yang ada di masyarakat. Khususnya di Indonesia, penyebab hamil di luar nikah ini masih menjadi hal tabu dan sering ditutupi.

Tentu saja orang tua memiliki peran penting untuk menjaga anak-anaknya agar tidak terjebak dalam kondisi hamil di luar nikah. Pengawasan yang dilakukan juga harus sesuai dan jangan terlalu keras pada anak, karena membuat anak jadi tertutup.

Bupati Bengkalis,ajak Jamaah Hadiri Tabligh Akbar 1 Muharram 1445 H di Kecamatan Mandau

Penyebab Hamil di Luar Nikah

Dikutip berbagai sumber, Rabu 19/7/2023), terdapat sejumlah penyebab hamil di luar nikah yang dipengaruhi oleh beberapa faktor sehingga harus dihindari, diantaranya adalah:

1. Kurangnya Perhatian dari Keluarganya

Keluarga merupakan sosok yang paling dekat dalam hubungan sosial dengan anak. Pola didik anak akan sangat berpengaruh pada perkembangan sikap dan pergaulannya dengan lawan jenis.

Saat itulah peran keluarga akan sangat dibutuhkan. Kurang kontrol yang menjadi penyabab hamil di luar nikah, sehingga tak heran kehamilan panik mulai meningkat.

2. Permasalahan yang Dimiliki Anak

Bukan hanya orang dewasa saja yang punya masalah hidup, namun anak remaja saat ini juga mengalami hal sulit dalam pergaulannya. Seringkali perasaan yang tidak stabil akan membuat anak menjadi mudah terjerumus hingga hamil.

Politikus PDIP Sambangi Kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jl. Kertanegara Jakarta

3. Rendahnya Tingkat Pendidikan

Tidak bermaksud merendahkan pendidikan orang lain, namun rendahnya tingkat pendidikan menjadi salah satu faktor penyebab hamil di luar nikah. Mereka akan sulit memahami bahayanya hamil di luar nikah, dan berisiko besar pada keselamatan janin.

Oleh sebab itu, harus selalu mengawasi pergaulan anak agar terhindar dari dunia malam. Dampak dari pergaulan bebas sangat berbahaya, sehingga perlu dibimbing ke pergaulan yang aman.

4. Tidak Mendapatkan Edukasi Soal Seks

Seks bebas merupakan hal tabu yang dibicarakan di masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, anak mudah kurang mendapatkan edukasi soal seks yang menjadi hal penting untuk diajarkan kepada anak sejak kecil.

Ada beberapa hal yang menyebabkan kurangnya edukasi soal seks tersebut. Meningkatnya kondisi hamil di luar nikah merupakan salah satu dampak dari kurangnya edukasi seka di Indonesia.

Dua Orang Atlet Atletik Riau Berprestasi Mengalami Penganiayaan, Diduga Salah Seorang Pelaku Anak Anggota DPRD Riau

5. Tidak Produktif

Remaja atau anak muda di Indonesia yang mengalami hamil di luar nikah, yaitu sebagian besar oleh orang yang kurang memiliki kegiatan produktif di lingkungannya. Dibandingkan dengan anak-anak yang produk dan banyak kegiatan di luar rumah, mereka lebih sibuk dan terjauhi dari hamil di luar nikah.

Jadi, selalu perhatikan kegiatan anak setiap harinya dan bisa diarahkan untuk mengikuti kegiatan yang produktif sejak masih kecil. Dengan kebiasaan tersebut akan tetap terbawa hingga menginjak usia remaja.

6. Hubungan yang Buruk Dalam Keluarga

Hubungan yang kurang baik antar anggota keluarga juga menjadi salah satu penyebab hamil di luar nikah. Dengan kondisi keluarganya yang buruk, anak jadi memiliki kebiasaan tidak ingin berkomunikasi secara terbuka kepada keluarga.

Jadi orang tua akan lebih sulit mengarahkan anak karena tidak tahu masalah apa yang sedang dialami. Karena itu, diperlukan komunikasi yang baik dengan seluruh anggota keluarga agar saling pengertian.

Itulah sejumlah penjelasan mengenai penyebab hamil di luar nikah karena beberapa faktor. Sebaiknya, mulai saat ini harus lebih mengawasi kegiatan anak sehati-hari dan menambah wawasan edukasi soal seks.

Sumber : Akurat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *