Partai Umat Deklarasikan Dukungannya untuk Calon Presiden (Capres) Anis Baswedan, Ini yang Dikatakan Amin Rais

YOGYAKARTA, JURNAL TIPIKOR -Dukungan terhadap Capres Anies Baswedan terus mengalir, kali ini Partai besutan Amin Rais Partai Umat mendeklarasikan dukungannya.

Ketua Majelis Syura Partai Ummat, Amien Rais memberikan masukan yang cocok untuk calon pendamping mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Amien Rais melihat, tokoh dari Indonesia Timur cocok untuk menjadi calon wakil presiden mendampingi Anies Baswedan.

“Kalau saya, Pak Anies harus melihat kira-kira lumbung suara itu,” ujar Amien Rais usai menghadiri Syawalan dan Rapat Kerja Wilayah I Partai Ummat di Kompleks Yayasan Budi Mulia Dua Jalan Raya Tajem Km 3, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Sabtu (29/4/2023).

Iwan Bule dan Syaiful Huda Siap Maju di Pilgub Jabar 2024

Amien menyampaikan, lumbung suara Anies Baswedan di Jakarta, Jawa Barat, Banten, Sumatera dan Jawa Tengah. Jawa Timur juga menjadi penyumbang suara baginya, namun tidak mayoritas.

Karena itu wakilnya (cawapres) menurut perhitungan rasional sebaiknya tokoh yang datang dari Indonesia Timur,” ucapnya.

Calon wakil presiden dari Indonesia Timur, lanjut Amien Rais, menirukan era presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Berdasarkan Lembaga Survei, Prabowo Memiliki Elektabilitas Tertinggi Dibanding Ganjar dan Anis

Menurut Amien, Susilo Bambang Yudhoyono meminta Jusuf Kalla sebagai calon wakil presiden perhitunganya supaya Indonesia Timur terwakili.

“Karena selama ini, rakyat Indonesia di bagian timur itu kadang-kadang terlupakan. Kita selalu melebihkan yang di Jawa, di Sumatra, Kalimantan, barat pokoknya,” urainya.

Bahkan, lanjut Amien Rais, pembangunan-pembangunan pun lebih banyak di wilayah Indonesia barat dari pada di wilayah Indonesia timur.

“Ini mungkin salah satu pertimbanganya. Atau kedua, mungkin kalau dipandang ada tokoh gender yang relatif mumpuni itu juga sebuah good choices,” tandasnya.

Iwan Bule Resmi Gantikan Sandiaga Uno Menjadi Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra

Menurut Amien, pengusung Anies Baswedan, Partai NasDem, Partai PKS, Partai Demokrat, lebih baik berkompromi untuk menentukan bakal calon wakil presiden. Dari pada partai-partai pengusung bersilang pendapat karena masing-masing ingin mengajukan calon wakil presiden.

“Karena kalau kita bicara politik itu katakanlah sebagai¬†house trading, kalau istilahnya kemudian dagang kuda istilah orang Amerika itu, dan itu memang politik seperti itu pasti, ini di dunia bukan akhirat, Kan bisa dirembug bareng-bareng,” tuturnya.

Amien Rais mengungkapkan Partai Ummat tidak mengajukan nama untuk calon wakil presiden untuk mendampingi Anies Baswedan.

“Bukan, kalau Partai Ummat tidak ke sana, Partai Ummat juga baru lahir. Kemudian kita mau menguji diri sendiri mudah-mudahan kita lolos dengan threshold yang meyakinkan, bukan batas 4 persen saja, mudah-mudahan lebih dari itu,” pungkasnya.

(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *