Kisah Sukses Pengusaha Muda Asal Surade Kabupaten Sukabumi di Home Industri Rajut

BANDUNG, JURNAL BISNIS – JAENAL ABIDIN tidak pernah menyangka keputusannya mendirikan usaha sendiri dan mampu memberikan profit sekaligus menjadi berkah bagi lingkungan sekitar.

Sejak tahun 2011 memutuskan meninggalkan kampung halamannya di Surade Jampang Kulon Kabupaten Sukabumi  untuk selanjutnya pindah ke Kota Bandung dan bekerja pada sebuah Home Industri rajut di Binong Jati Kota Bandung  sebagai buruh rajut.

Tahun 2021, Jaenal memutuskan untuk keluar dari tempatnya bekerja dan memutuskan untuk dapat berdikari.

“Untuk mencari sumber modal, terpaksa menjual emas punya istri dan anaknya, dari hasil menjual emas terkumpul modal 2 juta selamjutnya saya beli dua unit mesin rajut, disitu saya mencoba mengadu peruntungan nasib sekalipun negara sedang kena wabah covid-19,” tutur  Jaenal kepada Jurnal Tipikor, Rabu (04/03/2023).

Tak , ingin berlama-lama dalam kondisi itu, Jaenal Abidin langsung memutar otak. Singkat cerita, dengan modal nekat dan uang sebesar Rp 2 juta pria asal Surade Kabupaten sukabumi ini mendirikan toko bernama RAHMA FASHION .

“Kami kan kesulitan menjual barang. Lalu, saya kepikiran ‘kenapa saya enggak jual sendiri saja?’”

Rahma Fashion resmi beroperasi secara online di Shopee dengan produk andalan berupa cardigan dan sweater untuk wanita. Meski begitu, hambatan kembali muncul karena Zaenal buta soal berdagang di platform e-commerce. “Saya enggak tahu apa itu marketplace online. (Selama ini) saya hanya belajar dari secara otodidak,” ungkap Zaenal

“Saya terus Belajar platform e-commerce. Secara otodidak, akhirnya dengan semangat dan kegigihan untuk belajar akhirnya saya bisa mengoperasikan sistem platform e-commerce

Alhasil, toko Rahma Fashion tak pernah sepi order. Bahkan, per hari bisa mencapai 750 paket pesanan dari 6 akun yang dimiliki. Omzet penjualan pun melesat hingga 60 persen selain itu Alhamdulilah Rahma Fashion masuk kedalam peringkat 10 besar diantara Ribuan bahkan jutaan  toko yang bermitra dengan Soppe.

 

Membahagiakannya lagi, Rahma Fashion bisa menjadi lapangan pekerjaan bagi warga sekitar. Adapun jumlah karyawan Rahma Fashion hingga sekarang mencapai 32 orang.

Ke depan, Zaenal berencana untuk meningkatkan kualitas produk dengan menggunakan kain rajut yang lebih kuat dan jahitan yang lebih kokoh.

Selain itu, ia juga bakal terus menerapkan metode efektif dan efisien dalam berjualan online. Hal ini bertujuan agar performa toko Rahma Fashion meningkat sehingga bisnis dapat berkembang semakin pesat.

 (JT-01)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *