Akibat Penolakan TerhadapTim Israel, Prose Pencapresan Ganjar Terganggu

Jakarta, JURNAL TIPIKOR–Akibat dianulirnya kepanitia Indonesian menjadi tuan rumah piala dunia U-20 oleh FiFA berakibat konstelasi politik tanah air berubah signifikan.

Ganjar Pranowo salah satu Gubernur yang menolak tim Israel untuk berlaga di Indonesia.

Penolakan Tim Nasional (Timnas) Israel dinilai berdampak panjang bagi Ganjar Pranowo. Salah satunya terhadap proses pencalonan Ganjar di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Kagagalan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia, Warganet Menyalahkan Ganjar Pranowo

“Sehingga nama yang lain tentu akan mendonimasi persoalan-persoalan proses keterusungan, salah satunya Puan Maharani misalnya,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion Dedi Kurnia Syah dalam diskusi virtual CrosscheckMedcom.id bertajuk ‘Menakar Ganjaran Elektoral Ganjar,’ Minggu, 2 April 2023.
Terganggunya proses pencalonan Ganjar karena penolakan tersebut dinilai berpengaruh terhadap elektabilitas. Dedi menilai niat masyarakat memilih Ganjar akan turun karena penolakan kedatangan Timnas Israel berujung pada batalnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

“Reaksi kekecewaan itu implementasinya tidak lagi mau memilih Ganjar. Minimal saat survei di beberapa bulan ke depan,” ucap Dedi.
Inilah Alasan Impor Pakaian Bekas Dihentikan
Dedi menyampaikan dampak negatif batalnya Indonesia menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 tak hanya dirasakan Ganjar. Hal serupa juga disebut dialami Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena negara sudah mengeluarkan modal besar mempersiapkan penyelenggaraan Piala Dunia U-20.

“Anggaran besar sudah dikucurkan dan diserap untuk renovasi tempat. Kalau gagal, kemarahan itu (menyasar) kepada presiden karena gagal mendapat prestasi yang didambakan,” jelas dia.

Pengumuman pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 muncul setelah beberapa pekan terakhir ramai. Keriuhan itu ihwal pro-kontra keikutsertaan Tim Nasional Israel U-20 dalam ajang tersebut.

Salah satu penolakan itu disuarakan Ganjar. Ganjar langsung dirujak netizen di media sosial akibat pernyataannya.

(red/Detik)

One thought on “Akibat Penolakan TerhadapTim Israel, Prose Pencapresan Ganjar Terganggu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *