Dekranasda Bersama DKUKM Kabupaten Sukabumi Gelar Bazar Culinary Ramadhan 1445 H

Sukabumi, JURNAL JABAR- Bazar Culinary Ramadhan 1445 H yang di inisiasi oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sukabumi dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (DKUKM) Kabupaten Sukabumi digelar di area parkir Sukabumi Craft Center, Minggu (17/03/2024).

Kegiatan yang direncanakan berlangsung dari tanggal 17 – 30 Maret 2024 ini akan menampilkan kuliner khas ramadhan dan di ikuti puluhan pelaku UMKM Kabupaten Sukabumi. Tidak hanya itu saja, kegiatan tersebut pun akan dimeriahkan dengan berbagai perlombaan seperti mewarnai, hafalan Al-Qur’an, Adzan hingga Akustikan dan Marawis.

Bupati Sukabumi Drs. H. Marwan Hamami, M.M. membuka langsung acara Bazar dengan dihadari Forkopimda, kepala perangkat daerah, para camat, dan masyarakat.

Baca Juga Pemkab Demak Fasilitasi tempat bagi Pengungsi yang terdampak Banjir

Dalam sambutannya, Bupati mengaku kegiatan ini masih terus dilaksanakan. Apalagi, acara ini memberikan ruang bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan kesejahteraannya.

“Alhamdulillah puluhan pelaku UMKM bisa terlibat dalam kegiatan ini”,ujarnya.

Menurut Bupati, UMKM harus terus didorong dan diberdayakan. Sehingga, produk mereka menjadi lebih dikenal masyarakat luar.

“Peran kita inilah yang harus membuat UMKM Sukabumi menjadi produk yang dikenal masyarakat luas. Inilah salah satu cara untuk pemberdayaan UMKM dan mengenalkan produk mereka,” ucapnya.

Baca Juga Diduga Proyek Milyaran Puskes Siderejo Kebal Hukum, APH Tutup Mata

Oleh karena itu, Bupati mengajak pelaku UMKM untuk terus berkreasi dan berinovasi. Sehingga, produknya semakin bagus dan go internasional.

“Manfaatkan peluang ini dengan baik dan munculkan kreatifitasnya,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Ketua Dekranasda Kabupaten Sukabumi Hj. Yani Jatnika Marwan menambahkan, kegiatan ini sangat direspon positif para pelaku UMKM. Maka tak heran, sudah berlangsung sejak beberapa tahun lalu.

“Alhamdulillah respon UMKM sangat bagus. Sehingga setiap tahunnya terus hadir,” terangnya.

Tak hanya itu saja, kuliner yang ditampilkan pun semakin beragam. Sehingga, masyarakat bisa semakin banyak pilihan untuk mencari menu berbuka di Kabupaten Sukabumi.

“Kulinernya semakin beragam dan Alhamdulillah animo masyarakat pun sangat tinggi,” bebernya.

Baca Juga Dalam Rangka Memeriahkan Festival Ramadhan 1445 H, Pemkab Sukabumi Akan Menggandeng ANTV

Dalam kesempatan tersebut, Hj. Yani berterima kasih kepada semua pihak. Sehingga, pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan.

“Terimakasih untuk semua pihak yang telah membantu. Besar harapan kami, UMKM semakin tumbuh berkembang. Sebab, jika UMKM kuat, Kabupaten Sukabumi akan lebih baik,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati beserta jajaran meninjau semua stand kuliner yang ada di bazar.(Rama)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *